Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Nunukan: Masih Ada 9 Warga Sebatik yang Lolos Berhaji via Filipina

Kompas.com - 19/09/2016, 14:55 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mencatat ada 9 warga Sebatik yang lolos menunaikan ibadah haji melalui Negara Filipina yang saat ini masih berada di Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Nunukan Shaberah mengatakan, dari jumlah tersebut tidak tertutup kemungkinan masih ada lagi warga Sebatik yang berhaji melalui Negara Filipina yang belum terdata, karena selama ini keluarga calon haji enggan melapor kepada Kemenag.

"Susah juga melacak mereka itu. Kadang-kadang mereka orang Nunukan, orang Sebatik, tapi berangkatnya lewat Sulawesi atau lewat mana gitu kan. Nah, itu yang tidak terdeteksi,” ujarnya, Senin (19/9/2016).

Sebelumnya, pemerintah telah memulangkan 9 calon haji dari Sebatik yang akan berangkat melalui Filipina. Untuk berangkat haji melalui Filipina, para calon haji memalsukan dokumen mereka dengan mengaku lahir di Filipina.

Para calon haji dari Sebatik mengaku lebih cepat berangkat ke Tanah Suci jika melalui Filipina. Sementara jika melalui jalur resmi, calon haji asal Nunukan harus menunggu 24 tahun.

Shaberah menambahkan, belum bisa memastikan kapan para anggota jemaah haji warga Sebatik akan tiba di Filipina. Untuk jemaah haji asal Kalimantan Utara yang mengikuti jalur resmi akan tiba di Balikpapan pada tanggal 1 Oktober 2016 mendatang.

"Kita berharap kepulangan jemaah haji asal Sebatik dipermudah karena kebanyakan wanita," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com