Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Grebeg Suro dan Reog Ponorogo, dari Iwan Fals hingga Kewajiban Pakai Baju Warok

Kompas.com - 15/09/2016, 16:13 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Festival Budaya Grebeg Suro dan Reog Ponorogo akan menampilkan pagelaran budaya mulai dari seni tari, musik dan kirab pusaka. Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, juga mengundang artis ternama Iwan Fals untuk mengisi festival yang kedua puluh tiga tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemkab Ponorogo, Setyo Budiono, menuturkan, Iwan Fals akan manggung di Alun-Alun Ponorogo setelah penutupan Grebeg Suro. Musisi yang tenar dengan lagu Bento itu akan menghentak bumi Kota Reog, Selasa (4/10/2016) malam.

Sesuai jadwal, lanjut Budi, terdapat belasan kegiatan yang digelar dalam rangkaian perayaan Grebeg Suro dan Festival Nasional Reog Ponorogo ke-23.

Belasan kegiatan itu, yakni semaan Al Quran, grand final pemilihan duta wisata kakang-senduk, pembukaan Grebeg Suro, bumi reog bersalawat, pameran bonsai, pameran industri kecil dan produk unggulan, pameran pusaka, pameran seni rupa, pameran foto, pameran akik, dan lomba keagamaan.

Tak hanya itu, lanjut Budi, Pemkab Ponorogo juga menggelar lomba burung perkutut, lomba mocopat, lomba karawitan, ketoprak, ziarah makam bathoro katong, kirab pusaka, lintas sejarah, pesona wisata, tumpeng purak, wayang kulit, larungan telaga Ngebel dan ruwatan bumi reog.

"Festival budaya dan Grebeg Suro tahun ini merupakan kegiatan terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari konsep acara yang jauh berbeda dengan tahun sebelumnya," kata Budi, Kamis (15/9/2016) siang.

Untuk mendukung festival budaya Grebeg Suro itu, Budi mengatakan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni mengeluarkan surat edaran khusus bagi pegawai lingkup pemerintah daerah. Semua pegawai lingkup Pemkab Ponorogo diwajibkan mengenakan baju warok atau baju adat khas Ponorogo selama sepekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com