Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi Lantik Pengurus Golkar Garut di Rumah Nenek 90 Tahun

Kompas.com - 07/09/2016, 21:02 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, melantik pengurus Golkar daerah Garut di depan rumah Odah, janda tua renta berumur 90 tahun di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Rabu (7/9/2016) sore.

Pelaksanaan pelantikan partai daerahnya itu sengaja digelar di depan ribuan warga setelah dirinya memberikan syarat kepada pengurus untuk membantu pembangunan rumah tidak layak huni minimal tujuh rumah warga miskin.

"Saya beri syarat kepada seluruh pengurus untuk membangun dulu paling sedikit tujuh rumah tak layak huni di daerah masing-masing. Kalau syarat itu tidak dilaksanakan saya tak akan melantiknya," jelas Dedi di hadapan seluruh pengurus partai dan warga.

Pelaksanaan pelantikan seperti ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri antara sebuah partai dengan masyarakat. Pasalnya, jika pelantikan pengurus partai dilaksanakan di tempat mewah tentu masyarakat tidak akan mengetahui siapa perwakilannya di partai untuk menyampaikan segala aspirasinya.

"Kalau di hotel misalkan, jangankan warga tahu siapa wakil di partainya. Pelantikannya pun pasti hanya orang tertentu yang mengetahuinya. Partai kan milik masyarakat. Kita yang harus mendekatkan diri ke masyarakat," kata Dedi.

Seusai pelantikan pengurus, Dedi mewajibkan seluruh pengurus untuk sungkem kepada Odah secara bergiliran. Sebelumnya Dedi yang kali pertama sungkem ke janda tua renta itu mencontohkan kepada seluruh kader pengurus termasuk para wakil rakyat Partai Golkar Garut dan Jawa Barat.

"Nah ini syarat satu lagi, semua pengurus dan kader harus sungkem ke Ma Odah. Kalau tak sungkem saya tak akan sahkan pelantikannya," ujar dia sembari matanya memerah dan sesekali diusap oleh kedua tangannya.

Sementara itu, Odah mengaku sangat terharu dan bangga dengan acara Partai Golkar yang dilaksanakan di depan rumahnya. Dirinya tak menyangka dirinya mendapatkan bantuan pembangunan rumah yang selama ini ditinggalinya bersama dua cucunya tersebut.

"Aduh, Emak mah pingin nangis. Terimakasih banget semuanya. Emak tak menyangka akan ada acara seperti ini di rumah Emak yang kecil ini," ucap dia.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang turut hadir di acara pelantikan pun tak menyangka kalau lokasi pelantikan Partai Golkar daerahnya dilaksanakan di kampung terpencil. Bahkan dirinya pun berterimakasih karena partai ini ikut membantu masyarakatnya secara langsung.

"Kami berterimakasih karena turut membantu perbaikan rumah layak huni di Garut," ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com