Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 420 Juta Tiba-tiba Lenyap dari Rekening Bank, Nasabah Protes

Kompas.com - 06/09/2016, 20:13 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Nasabah Bank Danamon Surabaya protes karena tabungannya di rekening bank sebesar Rp 420 juta lenyap dalam waktu dua hari.

Nizar Fikkri, kuasa hukum nasabah yang menjadi korban, menceritakan bahwa sejak 5 Juni 2016 pukul 19.41 WIB hingga 7 Juni pukul 01.21 WIB, dana dari rekening tabungan milik Eric Priyo Prasetyo berpindah 10 kali ke sejumlah rekening bank dengan nomor rekening yang berbeda-beda dan tidak pernah dikenali oleh korban.

Nilainya beragam, dari yang paling besar Rp 100 juta hingga Rp 500.000.

Baca juga: Rp 420 Juta Raib di Tabungan, Eric Hanya Disisakan Rp 400.000

Dua pekan sebelum lenyapnya uang tabungan, nasabah Bank Danamon Cabang Panglima Sudirman Surabaya itu mengaku sering mendapatkan telepon mengaku dari Bank Danamon yang meminta kode aplikasi mobile banking miliknya, tetapi dia tidak menggubrisnya.

Karena merasa terganggu terus ditelepon, dia pun menonaktifkan nomor telepon miliknya.

Nizar menyayangkan sistem keamanan Bank Danamon Surabaya sehingga data nasabahnya dikuasai pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Yang kami sayangkan sistem keamanan Bank Danamon, ini kan merugikan nasabah," kata dia dalam konferensi pers di Surabaya, Selasa (6/9/2016).

Selain sudah melaporkan peristiwa yang merugikan kliennya itu ke Polda Jatim, Nizar juga melaporkan peristiwa itu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) Surabaya.

"Kepada polisi, kami laporkan dugaan perkara yang melanggar UU No 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana atau UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," katanya. 

Ternyata, hal yang sama juga terjadi kepada nasabah lainnya, yakni Saikhu, nasabah Bank Danamon Kecamatan Sepanjang, Sidoarjo. Saikhu yang juga hadir dalam konferensi pers kehilangan 9.446 dollar AS sepanjang 16 Juni hingga 21 Juni 2016. 

Sementara itu, hingga saat ini, pihak Bank Danamon Surabaya belum menjawab pertanyaan yang diajukan Kompas.com.

Update:Tanggapan Danamon Soal Lenyapnya Rp 420 Juta Milik Nasabah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com