Polisi Berang Tersangka Pengedar Narkoba Mengubah Keterangan

Kompas.com - 30/08/2016, 19:24 WIB
ILUSTRASI SHUTTERSTOCKILUSTRASI
|
EditorFarid Assifa

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Polisi penyidik narkotika membanting berkas acara pemeriksaan di hadapan M Abdurahman alias Abdu (39), tersangka pengedar 29 gram sabu di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (29/8/2016).

Pasalnya, keterangan Abdu saat di-BAP berbeda dengan pengakuan yang disampaikan kepada wartawan yang mewawancari dirinya di Polres Balikpapan.

Abdu adalah seorang teknisi listrik asal Kelurahan Tana Modindi, Kecamatan Palu Selatan, Kabupaten Donggala. Ia mengaku sengaja datang ke Balikpapan jadi kaki tangan para bandar karena penawaran jadi pengedar sabu lebih besar daripada penghasilan sebagai seorang teknisi.

"Barang ini datang dari teman saya di Batam," kata Abdu menjawab salah satu pertanyaan.


Mendengar pengakuan itu, si penyidik memotong tanya jawab itu.

"Apakah betul barang itu datang dari Batam? Keteranganmu ada di dalam ini (berkas pemeriksaan)," kata seorang penyidik yang kebetulan ikut mendampingi Abdu saat itu.

Ia mengacungkan sebundel berkas BAP ke muka Abdu. Sesaat Abdu terdiam dan memperhatikan penyidik yang menatapnya tajam. Seakan baru menyadari sesuatu dan sambil menangkupkan kedua telapak tangannya, Abdu mengaku khilaf.

"Maaf bos. Iya, datang dari Berau (berdasar hasil pemeriksaan selama ini)," kata Abdu.

Ia lalu buru-buru meralat keterangan serupa kepada sejumlah wartawan yang mengelilinginya. Kata dia, ia mendapatkan sabu dari orang yang berasal dari Berau.

"Kita BAP ulang nanti," kata penyidik.

Paur Subbag Humas Polres Balikpapan, Iptu Suharto, mengatakan, para tersangka narkotika memang sering mengubah-ubah keterangan seperti yang dilakukan Abdu ini. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X