Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebasnya Dua WNI Disebut sebagai Hadiah HUT Ke-71 RI dari Abu Sayyaf

Kompas.com - 21/08/2016, 06:38 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com — Dian Megawati, istri Ismail Tiro, salah satu anak buah kapal (ABK) yang berhasil lolos dari Abu Sayyaf, mengatakan bahwa bebasnya Ismail dan M Sofyan adalah hadiah untuk ulang tahun ke-71 RI.

Hal itu dia ketahui dari penayangan salah satu stasiun televisi yang berkomunikasi langsung oleh salah seorang sandera, M Nasir.

"Saya dengarnya begitu. Ismail dan Sofyan sengaja dibebaskan karena kelompok militansi Abu Sayyaf menghargai HUT ke-71 RI," kata Mega, Sabtu (20/8/2016).

Mega menjelaskan, berita yang tayang ditelevisi tidak sama dengan yang disebutkan tim Crisis Centre yang menghubunginya.

"Kalau Crisis Centre kasih tahu memang Ismail dan Sofyan sengaja dibebaskan, tetapi tidak ada ungkapan karena HUT RI," ujarnya.

Bagi Mega, hal itu bukan hal yang harus diperdebatkan. Sebab, dia sudah sangat bahagia mengetahui Ismail bukan lagi tawanan Abu Sayyaf.

"Mau dia dibebaskan atau kabur sendiri itu terserah saja, tetapi cukup saya tahu dia sudah selamat dan tim Crisis Centre sudah memastikan Ismail aman saat ini," kata dia.

Sebelumnya, M Sofyan memberi pernyataan bahwa dia dan Ismail berhasil melarikan diri dari penjaga Abu Sayyaf pada Rabu pukul 01.00 dini hari.

Dalam pelarian itu, mereka diberondong tembakan dan akhirnya memisahkan diri.

M Sofyan lebih dulu ditemukan lantaran melompat ke laut dan berenang menuju perkampungan nelayan Filipina. 

Kompas TV Kemenlu Temui Keluarga WNI Sandera Abu Sayyaf
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com