Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Bendera Merah Putih Bakal Berkibar di Dasar Laut Sabang

Kompas.com - 16/08/2016, 22:11 WIB

SABANG, KOMPAS.com -  Untuk menyambut HUT RI ke-71, 100 bendera merah putih akan berkibar di dasar laut kawasan Ie Meulee, Pulau Weh.  Hal ini merupakan kerja sama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Sabang dengan Rary Indonesia.

Manajer Program Pengolaan Akses Areal Perikanan (PAAP) Sabang, Ema Krallia Irawan menyebutkan, pengibaran 100 bendera merah putih di dasar laut Gampong (desa) Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang ini sebagai wujud kecintaan anak bangsa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pengibaran 100 lembar bendera merah putih bertepatan dengan HUT RI ke-71 dan bendera tersebut dikabarkan langsung oleh petugas DKP Kota Sabang, Duta Konservasi Bahari 2015 dan Duta Wisata Kota Sabang 2016," katanya di Sabang, Selasa (16/8/2016).

Ia mengatakan,  pengibaran 100 bendera di dasar laut kawasan binaannya melibatkan 4 gampong yaitu, Kota Atas, Ie Meulee, Ujong Kareung, serta Anoi Itam.

"Luas wilayah binaan sekitar 3.200 hektar dan kali ini kita fokus kegiatannya di gampong Ie Meulee dan pengibaran bendera merah putih ukurannya 20X5 cm di kedalaman 4-5 meter di dasar laut akan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB," sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pengibaran bendera merah putih didasar laut tersebut juga bersamaan dengan kampaye konservasi PPAP untuk mendorong kesadaran nelayan terhadap keberlangsungan sumber daya hayati,

"Jadi, usai pengibaran bendera kita juga akan melakukan dua jenis lomba dengan sararan target adalah masyarakat nelayan itu sendiri yaitu, nelayan pancing dan nelayan menembak ikan," tuturnya.

Dia menambahkan, nelayan dan pemuda setempat yang akan mengikuti perlombaan menembak ikan diharuskan mengambil kupon dibawah laut.

"Peserta lomba diharuskan mengambil kupon Cepa di kedelaman 4-5 meter, Cepa sebutan kampaye kami untuk maskot, maskot adalah Ikan kerapu delima atau sebutan latinnya Cephalopholis Miniata," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com