Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tradisional Wonokromo Surabaya Dilengkapi Tempat Penitipan Anak

Kompas.com - 14/08/2016, 16:50 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pengunjung dan pedagang Pasar Tradisional Wonokromo Surabaya saat ini tidak lagi khawatir memantau keadaan anaknya saat berjualan atau berbelanja.

Kini, di pasar tersebut telah tersedia sebuah ruangan khusus untuk tempat penitipan anak.

Ruangan di lantai dasar khusus untuk anak berusia 1-6 tahun tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Ada mainan, buku bacaan dan media menulis, tempat tidur anak, hingga tempat menyusui.

Nur Hayati, salah satu pedagang Pasar Wonokromo, mengaku senang karena ada fasilitas khusus di pasar yang terletak di pusat Kota Surabaya itu.

"Anak bungsu saya selalu rewel saat saya bawa ke pasar. Dia terpaksa ikut karena di rumah tidak ada orang," katanya, Minggu (14/8/2016).

Tempat penitipan anak Pasar Wonokromo tersebut dibangun atas sumbangan gabungan badan usaha milik negara di Indonesia timur dalam program "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Di tempat penitipan anak tersebut juga disediakan petugas khusus dan kamera CCTV untuk memantau aktivitas anak-anak," kata Direktur Network dan IT Solution PT Telkom Abdusshomad Arif.

Pembangunan penitipan anak tersebut sebagai upaya untuk memberikan sarana dan fasilitas yang mendukung tumbuh kembang anak yang lebih baik sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman bagi penjual maupun pengunjung pasar.

Donatur juga merencanakan untuk melengkapi tambahan fasilitas pengadaan makanan yang sehat untuk anak.

Selain membangun tempat penitipan anak, melalui program tersebut juga dilakukan pembinaan mantan atlet, pembangunan sanitasi air bersih, elektrifikasi rumah yang belum teraliri listrik, dan bedah rumah veteran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com