Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Calon Independen Pilkada Kota Batu Serahkan Dukungan ke KPU

Kompas.com - 06/08/2016, 10:25 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon independen Pilkada Kota Batu, Abdul Majid-Kasmuri Idris, menyerahkan syarat dukungannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Sabtu (6/8/2016).

Penyerahan syarat dukungan itu merupakan tahapan untuk mendaftar sebagai pasangan calon.

Pasangan bakal calon independen ini tiba di Kantor KPU Kota Batu sekitar pukul 08.30 WIB. Keduanya diantar oleh pendukung dengan menggunakan mobil.

"Kami bukan independen, kami bukan partai, tapi inilah dukungan dari rakyat Batu. Nanti garis bawahnya tergantung panjenengan sedoyo (kalian semua)," kata Abdul Majid di hadapan komisioner KPU Kota Batu.

Majid mengatakan, meski mendaftar lewat jalur independen, pihaknya tidak memiliki tim relawan. Semua dukungan yang didapatnya itu berasal dari kepedulian masyarakat kepadanya.

"Jadi ini tidak ada ketua, tidak ada koordinator. Jadi semua ini gerakan dari rakyat Kota Batu," ucapnya.

Terkait dengan keputusan untuk mendaftar lewat calon independen, ia mengaku ingin memberikan pelajaran politik kepada masyarakat Kota Batu.

Menurut dia, siapa pun boleh menjadi pemimpin. Selain itu, ia ingin mengajak masyatakat Kota Batu untuk memilih pemimpin yang dekat dengan rakyat.

"Masyarakat perlu mengerti bahwa tidak selamanya politik itu dengan uang. Masyarakat harus memilih pemimpin yang bisa ketemu dengan yang dipimpin," ujarnya.

Saat ini, jumlah dukungan yang diserahkan kepada KPU sebanyak 22.500. Jumlah itu sudah melebihi syarat dukungan minimal untuk mengikuti Pilkada Kota Batu.

Adapun, syarat minimal untuk lolos menjadi calon independen Pilkada Kota Batu harus memiliki 14.709 dukungan.

Sementara itu, petugas KPU Kota Batu hingga saat ini masih menghitung jumlah dukungan yang diserahkan oleh bakal calon independen tersebut.

"Hari ini kami menerima syarat dukungan pasangan bakal calon independen. Dukungan hari ini sudah diserahkan. Dan petugas kami sedang melakukan verifikasi apakah memenuhi syarat minimal dan sebarannya," kata Ketua KPU Kota Batu, Rochani.

Diketahui, Abdul Majid pada Pilkada Kota Batu tahun 2012 lalu juga maju melalui jalur independen. Ketika itu, ia menjadi runner up di bawah perolehan suara pasangan terpilih Edy Rumpoko dan Punjul Santoso.

Abdul Majid yang berlatar belakang Pegawai Negeri Sipil itu pun bertekad untuk memenangi Pilkada kali ini.

Kompas TV Bacagub Independen Ahmad Taufik Datangi KPU
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com