Aktivitas Gunung Gamalama Masih Fluktuatif

Kompas.com - 03/08/2016, 21:55 WIB
Semburan abu vulkanik Gunung Gamalama, Ternate Maluku Utara, Rabu (3/8/2016) KOMPAS.com/YAMIN ABD HASANSemburan abu vulkanik Gunung Gamalama, Ternate Maluku Utara, Rabu (3/8/2016)
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

TERNATE, KOMPAS.com - Aktivitas gunung api Gamalama di Ternate, Maluku Utara, hingga Rabu (3/8/2016) petang masih fluktuatif.

Dari pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Ternate, Gunung Gamalama masih menyemburkan asap condong ke arah timur-selatan dengan warna asap putih sampai kelabu.

"Semburan asap dari siang hingga sore jam 18.00 tadi dengan ketinggian asap 300-800 meter. Tidak ada sebenarnya peningkatan aktivitas tapi fluktuatif," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Gamalama melalui stafnya Jajat Sudrajat.

Gempa-gempa tremor juga masih dirasakan dengan amplitudo 0,5-1,5 mm. Gempa tektonik satu kali terjadi.


Kepada masyarakat khususnya di bantaran sungai diimbau tetap waspada dengan lahar dingin mengingat hujan yang terus turun hingga sore tadi.

(Baca juga Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X