Ditutup karena Erupsi Gunung Gamalama, Bandara Ternate Dibuka Besok

Kompas.com - 03/08/2016, 09:59 WIB
Kondisi Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara Pasca-erupsi Gunung Gamalama, Dok. Kemenhub Achmad FauziKondisi Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara Pasca-erupsi Gunung Gamalama, Dok. Kemenhub
EditorCaroline Damanik

TERNATE, KOMPAS.com - Bandara Babullah Ternate di Maluku Utara ditutup untuk aktivitas penerbangan karena Gunung Gamalama menyemburkan abu vulkanik, Rabu (3/8/2016).

Kepala Bandara Babullah Ternate, Anung, menyatakan aktivitas penerbangan di Bandara Babullah Ternate kemungkinan baru akan dibuka lagi pada hari Kamis (4/8/2016) pukul 10.00 WIT.

Dia menyatakan penutupan bandara dilakukan karena landasan pacu pesawat terdampak semburan abu vulkanik Gamalama, menyebabkan kegiatan penerbangan di bandara terganggu.

Bandara, menurut dia, akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, dan Pemerintah Kota Ternate.

"Keputusan membuka kembali aktivitas penerbangan di Bandara Babullah Ternate akan dipastikan setelah rapat internal dengan melibatkan sejumlah pihak, guna memastikan perkembangan terkini erupsi Gunung Gamalama.

(Baca juga: Gunung Gamalama Erupsi, Bandara Ternate Ditutup Sementara)

Peningkatan aktivitas Gamalama juga membuat Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Ekspres Air dan Wing Air menghentikan operasi penerbangan dari Ternate ke sejumlah kota lain di Tanah Air.

Subhan, seorang penumpang yang hendak ke Makassar, mengaku pasrah dengan keputusan Otoritas Bandara Babullah Ternate menutup seluruh aktivitas penerbangan.

"Karena ini masalah alam," ujarnya.

(Baca juga: Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X