Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan RB Kepincut Layanan "Lahir Procot Pulang Bawa Akta”

Kompas.com - 02/08/2016, 19:51 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengaku tertarik dengan inovasi layanan publik yang diterapkan di Banyuwangi berupa percepatan penerbitan layanan akta kelahiran.

"Saya tadi berbisik pada salah satu deputi saya soal rencana mengadopsi layanan pemberian akta kelahiran milik Banyuwangi," kata menteri yang baru pekan kemarin dilantik Presiden Jokowi ini, Selasa (2/8/2016).

Inovasi layanan publik yang dimaksud adalah program program ”Lahir Procot Pulang Bawa Akta” milik Kabupaten Banyuwangi. 

Hingga 2015, lebih dari 60.000 bayi telah mendapatkan akta kelahiran secara cepat. Itu semua jika semua syarat lengkap seperti KTP, KK, dan nama bayi.

Begitu bayi lahir, akta kelahiran langsung terbit dan diantarkan ke rumah atau puskesmas oleh tim Pemkab Banyuwangi.

Oleh Presiden Jokowi, menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku diperintah mengoptimalkan pelayanan publik dengan bantuan teknologi informasi. 

"Sesuai amanat Presiden Jokowi, kita harus cepat bergerak yang bisa dirasakan rakyat secara langsung. Tidak perlu program muluk, tapi tidak jalan. Biarpun sederhana, tapi tepat sasaran, dijalankan, dan bermanfaat untuk masyarakat," jelasnya. 

Dia berharap, pemerintah daerah tidak malu untuk mengadopsi inovasi layanan dari daerah lain, jika itu memang baik dan memungkinkan untuk dijalankan sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com