Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Bakar Sampah, Rumah Sang Anak Ludes Terbakar

Kompas.com - 29/07/2016, 15:40 WIB

Tim Redaksi

BIREUEN, KOMPAS.com – Bermaksud membersihkan pekarangan rumah sang anak yang pergi berkebun, Ummiya Yusuf (65), Jumat (29/7/2016), membakar sampah di belakang rumah sang anak. Namun,  rupanya api membesar dan menyambar rumah kayu milik anaknya, Sukri Yusuf (45).

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.30 WIB ini, namun rumah beserta isinya ludes terbakar. Diperkirakan kerugian korban mencapai jutaan rupiah.

 Maryana (35), adik korban, mengaku sang ibu hanya bermaksud membersihkan halaman rumah korban yang tampak semak karena banyaknya daun dan ranting pohon yang berjatuhan. Setelah disapu dan ditumpuk menjadi satu, sang ibu lantas membakar sampah tersebut tanpa mengontrolnya sampai selesai.

“Tiba-tiba saja api membesar dan menjalar cepat hingga membakar rumah korban dan ibu saya berlari ketakutan mencoba mencari pertolongan,” uca Maryana.

Ummiya sendiri tinggal sekitar berjarak 40 meter dari rumah sang anak, di Dusun Blang, Desa Pulo Lawang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh. Sementara Sukri berangkat bekerja dengan memboyong istri dan anaknya ke kebun di Kecamatan Lampahan, Kabupaten Bener Meriah.

Senada, Kepala Dusun Blang Abdullah Yusuf menyebutkan, ibu korban hanya ingin membersihkan sampah yang semak di pekarangan rumah anaknya yang sudah pergi berkebun di kabupaten tetangga.

“Api terlalu cepat membesar dan merambat ke rumah Sukri yang berkontruksi kayu, sehingga apapun tak bisa diselamatkan lagi,” jelasnya.

Empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan tidak mampu menyelamatkan rumah beserta isinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com