Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilangkan Trauma, Saudara Kembar Yn Mulai Masuk Pesantren di Malang

Kompas.com - 21/07/2016, 22:28 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Saudara kembar Yn (14), korban pemerkosaan oleh 14 remaja hingga tewas di Bengkulu, sudah sampai di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (21/7/2016).

Pria dengan nama Yayan itu rencananya menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh. Yayan datang ke Kota Malang dengan diantar oleh kedua orangtuanya, yaitu Yana dan Yakin.

Selain itu, Kabid Sosial pada Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Kandar Sukandar juga tampak mendampingi Yayan.

"Pasti dia betah. Apalagi kalau dibanding dengan suasana di desanya," kata Iskandar saat ditemui di Kantor Dinas Sosial Kota Malang.

Yayan sengaja meninggalkan kampung halamannya di Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, untuk menghilangkan trauma atas peristiwa pemerkosaan yang menimpa saudara kembarnya. Atas saran dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Yayan lantas dibawa ke Kota Malang sambil menimba ilmu.

"Saya senang dia mau sekolah di sini. Saya ucapkan terima kasih kepada semua," kata Yana, ibunda Yayan.

Ia berharap Yayan bisa kerasan berada di Malang. Ia bahkan berjanji akan mengunjungi Yayan jika hasil panen sayur yang ditanamnya bagus dan cukup untuk bayar ongkos transportasi. Sebab perjalanan dari Bengkulu hingga ke Kota Malang membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Nanti kami akan tengok. Tapi tidak bisa sering karena jaraknya jauh," katanya.

Selain Yayan, ikut juga dua anak yang merupakan temannya, yaitu Restu Waluyo (14) dan Husna Rizqian (13). Keduanya akan menemani Yayan mondok di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh. Rencananya, Yayan akan berada di Kota Malang sampai selesai menempuh pendidikan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com