Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Dilantik, Anggota PPS Aceh Utara Lakukan Donasi Darah

Kompas.com - 21/07/2016, 20:00 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Ada pemandangan berbeda saat proses pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Aceh Utara yang digelar di aula kantor Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Kamis (21/7/2016).

Sebelum mengikuti prosesi pelantikan, ratusan petugas itu mendonasikan darah di posko Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Utara yang bekerja sama dengan komunitas Thalasemia Aceh Utara. Sebagian lainnya memilih ikut donasi darah setelah prosesi pelantikan.

Ketua Pokja Pencalonan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara Ayi Jufridar kepada Kompas.com menjelaskan, ratusan PPS itu berasal dari Kecamatan Paya Bakong, Matangkuli, dan Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

“Kami apresiasi kegiatan sosial ini. Kita dukung komunitas thalasemia dan PMI Aceh Utara untuk menggelar donasi darah setiap kali ada acara pelantikan,” kata Ayi.

Dia menjelaskan, kegiatan sosial seperti itu harus sering diselenggarakan sehingga bisa membantu mengatasi kekurangan stok darah di Aceh Utara.

Sementara itu, Kepala Humas PMI Aceh Utara Usman Nur menjelaskan, kegiatan ini donasi darah ini untuk membantu penderita thalasemia.

“Jumlahnya puluhan. Mereka butuh donasi darah rutin. Makanya, kita terus galakkan donasi darah,” jelas pria yang akrab disapa Cek Do ini.

Dia menjelaskan, selain menyasar penyelenggara pilkada, PMI juga mendatangi komunitas remaja masjid untuk donasi darah sehingga bisa menjamin stok darah di Aceh Utara.

“Kebutuhan kita sekitar 600 kantong tiap bulan. Makanya, kita harus gencarkan untuk donasi darah,” pungkas Cek Do.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com