Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma, Sejumlah Penumpang Batik Air Batal Lanjutkan Keberangkatan

Kompas.com - 19/07/2016, 15:28 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sejumlah penumpang pesawat Batik Air tujuan Ambon-Jakarta yang sempat gagal berangkat akibat mesin pesawat yang mereka tumpangi bermasalah, akhirnya bisa terbang dengan pesawat lainnya dari Bandara Pattimura.

Namun, sebagian penumpang memilih membatalkan keberangkatan dengan berbagai alasan.

“Saya sudah pulang ke rumah dan tidak melanjutkan perjalanan, karena jujur saja saya masih trauma,” kata Rima, salah satu penumpang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/7/2016) sore.

Baca juga: Setelah 20 Menit Terbang, Batik Air Kembali Mendarat di Bandara Pattimura

Dia mengaku kejadian yang menimpa pesawat Batik Air yang ditumpanginya membuat dirinya menjadi sangat takut. Dia pun langsung memutuskan untuk membatalkan keberangkatannya.

“Meski penting saya tetap membatalkan keberangkatan dulu,” ujarnya.

Senada dengan Rima, seorang penumpang lainnya, Abidin Wakano juga mengaku kejadian yang dialaminya di dalam pesawat Batik Air membuatnya terpaksa menunda keberangkatannya.

Akademisi IAIN Ambon yang juga wakil ketua MUI Maluku ini mengungkapkan saat ini dia masih trauma setelah insiden tersebut.

”Saya sudah sekian kali ikut dalam penerbangan bahkan ke luar negeri, saya sempat merasakan guncangan di pesawat tapi baru kali ini saya benar-benar merasakan pesawat akan terjatuh,” katanya.

Sementara itu, General Operasional PT Angkasapura Ambon, Merpin Butarbutar mengaku hingga kini pesawat tersebut masih berada di Bandara Pattimura.

Pesawat itu, kata dia, sempat mengalami gangguan pada mesin dan akhirnya kembali mendarat di bandara Pattimura, Ambon.

“Pesawat sempat memutar-mutar selama kurang lebih 15 menit sebelum mendarat kembali di bandara,” ujarnya.

Dia mengatakan setelah mendarat, pesawat tersebut lantas diperiksa oleh petugas dan teknisi, sedangkan para penumpang langsung mendatangi kantor Lion Air yang ada di bandara untuk menanyakan hal tersebut.

“Saat ini para penumpang telah diterbangkan dengan pesawat lainnya, namun sebagian penumpang memilih membatalkan keberangkatan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Batik Air yang mengangkut ratusan penumpang ini mengalami gangguan pada mesin dan harus kembali ke bandara Pattimura. Peristiwa itu terjadi setelah pesawat lepas landas 20 menit dari bandara Pattimura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com