Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Pelabuhan Bakauheni Siapkan 37 Loket Tiket Penumpang Arus Balik

Kompas.com - 10/07/2016, 13:29 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni telah menyiapkan 37 loket tiket penumpang arus balik di pelabuhan Bakauheni.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Eddy Hermawan menjelaskan,  ada penambahan loket penumpang pejalan kaki sebanyak 5 loket, dari 9 loket portable menjadi 14 loket portable.

Untuk roda dua disediakan 12 loket portable, dan untuk roda empat disediakan 11 loket, yakni 6 loket portable di pelabuhan, ditambah 5 loket portable di Hotel 56 Kalianda.

"Khusus bagi pemudik yang membeli tiket di Hotel 56 Kalianda, akan menikmati jalur khusus di area pelabuhan," katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (10/7/2016).

Edy menuturkan pihaknya telah berkoordinasi dengan organda untuk menyiapkan 30 unit angkutan mobilitas pemudik pejalan kaki dari terminal Rajabasa ke Pelabuhan, atau sebaliknya. Itu disiapkan untuk mendukung perjalanan pemudik menuju pelabuhan.

"Kami juga bekerjasama dengan PT Jasa Raharja Putera untuk menyiapkan 3 unit bus yang khusus dioperasikan untuk para lansia, dan orang tua yang memiliki balita dan anak-anak. Ada shelter khusus untuk mereka turun-naik di pelabuhan," imbuhnya.

Eddy juga telah memperbaiki dan melakukan antisipasi agar permasalahan listrik yang menjadi gangguan pada Jumat (8/7/2016) kemarin tidak terulang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak PLN, dan tim internal juga telah melakukan perkuatan dan back up jaringan agar kejadian matinya listrik tidak akan mengganggu operasional pelabuhan. Ketersediaan genset juga kami optimalkan," ungkapnya.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat mengimbau para pemudik agar menyiapkan segala keperluan untuk arus baliknya. Mengingat pada puncak arus balik berpotensi terjadinya antrian panjang.

"Volume diperkirakan naik hingga dua kali lipat dari waktu normal, karena pemudik memaksimalkan waktu liburannya sebelum kembali secara bersamaan di akhir pekan ini untuk kembali beraktivitas pada Senin (11/7/2016)," pungkas Christine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com