Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Id Digelar di Depan Lokasi Bom Bunuh Diri di Solo

Kompas.com - 06/07/2016, 07:33 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono bersama ratusan warga Solo melakukan shalat Id di depan Mapolresta Solo, Rabu (6/7/2016).

Aksi bom bunuh diri di halaman Mapolresta Solo, Selasa pagi, tidak menyurutkan warga dan anggota kepolisian di Solo untuk menunaikan ibadah shalat Id di tempat tersebut.

Sejak pukul 06.00 WIB, panitia dari warga Muhammadiyah dan warga Solo di sekitar Mapolresta Solo sudah menyiapkan perlengkapan untuk shalat Id. Warga sekitar pun mulai berdatangan.

KOMPAS.com/M Wismabrata Shalat Id digelar di depan Mapolresta Solo, Rabu (6/7/2016). Kemarin, aksi bom bunuh diri yang menewaskan satu orang yang diduga pelakunya terjadi di depan markas polisi ini.
Andra, warga Gremet, Manahan, Solo, mengaku tidak terpengaruh dengan peristiwa bom bunuh diri tersebut untuk menunaikan shalat Id di depan Mapolresta Solo.

"Ndak masalah Mas, shalat, bom kemarin enggak berpengaruh. Lha wong orang Solo kok malah begitu bikin kekacauan di Solo," katanya.

Imam dan khatib dalam shalat Id tersebut adalah Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, KH Dahlan Rais. Dalam khotbahnya, Dahlan menyampaikan agar memahami Islam dengan cara damai dan tidak membuat kedamaian menjadi bencana bagi orang lain.

Sebelumnya, seperti diberitakan Tribunsolo.com, warga Muhammadiyah tetap berniat menggelar shalat Id di depan SMAN 4 Solo atau di depan Mapolresta Solo, Rabu (6/7/2016) pagi, pasca-insiden bom bunuh diri di Mapolresta Solo.

"Meskipun ada bom bunuh diri di Mapolresta Solo, pelaksanaan shalat Id Rabu pagi tetap dilaksanakan sesuai jadwal," ujar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo Djoko Riyanto saat dikonfirmasi, Selasa (5/7/2016) petang.

Djoko mengatakan, lokasi penyelenggaraan shalat Idul Fitri 1437 H di depan Mapolresta Surakarta adalah salah satu dari 94 lokasi yang di bawah koordinasi Muhammadiyah Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com