Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tahun Tak Berlebaran bersama Keluarga demi Pemudik di Merak-Bakauheni

Kompas.com - 06/07/2016, 07:28 WIB

KOMPAS.com - Meski kerap ber-Lebaran jauh dari rumah, semangat hari raya Idul Fitri tetap dirasakan oleh para awak kapal Mufida Makassar yang beroperasi di Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Asep Nurjaman, salah satunya. Sudah enam tahun dia bekerja mengendalikan navigasi kapal ini, enam tahun itu pula dia tidak merayakan Lebaran di rumah.

Dia menuturkan, kadang tak menampik rasa sedih yang datang karena tak bisa pulang ke rumah saat Lebaran tiba. Namun, tanggung jawab akan pekerjaan membuatnya kembali bersemangat.

"Ya yang jelas enggak bisa kumpul (bersama keluarga), sedih juga. Tetapi senangnya, kami bisa mengantar ribuan orang yang mudik untuk ke daerah Sumatera dan pas arus baliknya juga kami ikut mengantar juga," tuturnya seperti dikutip dari KompasTV.

Ayah dua anak ini mengaku untuk bertemu dan bisa berlibur bersama keluarga di Tasikmalaya, Jawa Barat, dia harus memanfaatkan giliran cuti. Konsekuensi ini sudah diketahuinya dan keluarga sejak awal.

"Rasa (sedih) itu ya enggak bisa dibohongin, pasti adalah sedikit. Cuma di sini kami kan sudah punya tanggung jawab masing-masing di pekerjaan ini. Risiko kami memang hari raya itu udah enggak bisa mudik untuk bareng kumpul keluarga," ucapnya.

Selain Asep, anak buah kapal lainnya juga menyimpan rindu yang sama yaitu Artriya Artriyono atau Yono, yang sudah 14 tahun bekerja mengemudikan kapal dan membantu bongkar muat saat kapal bersandar.

Dalam beberapa kali Lebaran, dia sempat pulang. Namun, sebagian besar perayaan Lebaran dihabiskannya di kapal.

"Lebaran di rumah paling sekali-sekali aja. Tetapi, biasanya di kapal terus, enggak pulang. Kalau ada tugas ke kapal dari kantor, kita harus ke kapal melayani masyarakat," tuturnya.

Hanya saja, bagi Yono, tak ada kata terlambat untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Baginya, membantu para pemudik untuk tiba dengan selamat pulang ke kampung halaman adalah salah satu kebahagiaan yang tak terbayarkan.

 

Kompas TV Para Awak Kapal Ini 6 Kali Lebaran tanpa Keluarga
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Kompas TV


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com