Kelompok Asal Pelaku Bom Bunuh Diri di Solo Terkait Jaringan Bahrun Naim

Kompas.com - 05/07/2016, 16:27 WIB
Sebuah bom bunuh diri meledak di gerbang Mapolresta, Rabu (5/7/2016). Bom menewaskan pelaku. kompas tvSebuah bom bunuh diri meledak di gerbang Mapolresta, Rabu (5/7/2016). Bom menewaskan pelaku.
|
EditorCaroline Damanik

SOLO, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Tito Karnavian mengatakan, N, terduga pelaku bom bunuh diri di Solo, merupakan jaringan sel Jamaah Anshar Daulah Khilafah Nusantara (JAKDN), pimpinan Abu Musaf di Bekasi.

Jaringan ini, lanjutnya, terkait kelompok pimpinan Bahrun Naim yang menjadi otak penyerangan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, pada awal tahun ini.

"Jaringan ini berafiliasi dengan (kelompok) Bahrun Naim. Dari pengalaman kami, apabila pelakunya benar Nur Rohman, nanti setelah ada tes DNA, maka ada hubungannya dengan Bahrun Naim," kata Tito saat jumpa pers di Mapolresta Solo, Selasa (5/7/2016).

Abu Musaf menjadi tokoh kelompok radikal di wilayah Bekasi dan mempunyai hubungan dekat dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun, Tito mengatakan, pihaknya masih menelusuri motif N melakukan aksi bom bunuh diri tersebut.

"Masih didalami. Bisa jadi pelaku beraksi atas perintah dari kelompoknya atau juga bisa inisiatif sendiri sesuai perintah dari ISIS," tuturnya.

Tito juga berharap DPR RI yang tengah membahas revisi UU Terorisme melihat kenyataan di lapangan bahwa paham terorisme sangat berbahaya.

"UU nantinya diharapkan memperkuat penegakan hukum untuk melawan terorisme," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyebutkan bahwa terduga pelaku bom bunuh diri di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2016), berinisial N.

Badrodin menyebut nama Nur Rohman sebagai terduga pelaku, tetapi dia menuturkan bahwa polisi masih menunggu hasil tes DNA.

Dalam jumpa pers di Mapolresta Solo, Selasa siang, Badrodin menyebutkan, N adalah bagian dari kelompok Abu Musaf di Bekasi.

Tito mendampingi Badrodin menggelar konferensi pers di Mapolresta Solo.

 

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X