Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ganjal Ban Bantu Kendaraan yang Tak Kuat Lewati Tanjakan

Kompas.com - 30/06/2016, 11:48 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi mobil pemudik dan wisatawan yang tidak kuat melewati tanjakan, Polres Gunungkidul menyiagakan dua tim ganjal ban.

Dua tim ini akan disiagakan di dua jalan tanjakan, yakni tikungan Slumprit di Jalan Wonosari-Jogja dan tanjakan arah Pantai Krakal.

"Untuk operasi Ramadhania 2016 ini ada 445 personel yang disiapkan," ujar Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono, Kamis (30/06/2016).

Samiyono mengatakan, karakteristik jalan di Kabupaten Gunungkidul terdapat beberapa tanjakan. Oleh karena itu, tim ganjal ban bertugas mengantisipasi mobil pemudik maupun wisatawan yang tidak kuat melewati tanjakan.

"Ada 10 personel yang disiagakan untuk tim ganjal ban. Nanti tim ini akan membantu kendaraan yang tidak kuat menanjak," ucapnya.

Sebanyak 10 personel tersebut, lanjutnya, nantinya akan ditempatkan di dua lokasi tanjakan. Di dalam tugasnya, tim ganjal ban akan dilengkapi kayu balok guna mengganjal ban kendaraan agar tidak mundur ke belakang yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

"Kami siagakan di dua lokasi, tanjakan tikungan Slumprit dan tanjakan menuju arah Pantai Krakal, Kukup dan Pulangsawal," tuturnya.

 

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen

Dia mengaku, setiap Lebaran dan libur Lebaran, jalan menuju Gunungkidul selalu dipenuhi kendaraan baik untuk mudik, berkunjung ke sanak keluarga maupun ke destinasi wisata. Oleh karena itu, pihaknya juga menyiagakan tim pengurai kemacetan.

"Kami antisipasi terutama jalur menuju pantai. Kita siapkan juga rekayasa lalulintas, karena setiap libur Lebaran selalu terjadi kepadatan lalu lintas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com