Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Mudik Lebaran, Kartu BPJS Bisa Digunakan di Mana Saja

Kompas.com - 29/06/2016, 14:44 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Selama arus mudik Lebaran berlangsung, seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa mendapatkan pelayanan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Artinya, kartu BPJS bisa digunakan di mana saja di tempat yang dilalui atau dikunjungi pemegang kartu BPJS Kesehatan. Pelayanan khusus tersebut berlaku sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Debbie Nianta mengatakan, peserta JKN-KIS yang mengalami gangguan kesehatan selama perjalanan mudik bisa langsung menuju rumah sakit setempat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Datanya sudah terintegrasi di seluruh daerah di Indonesia.

"Peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat atau pun mengunjungi FTKP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) sementara," kata Debbie saat menggelar konferensi pers di kantor BPJS Pasuruan, Rabu (29/6/2016).

Oleh karena itu, dia mengimbau agar para peserta JKN-KIS yang sedang mudik selalu membawa kartu JKN-KIS miliknya.

Debbie menjelaskan, kebijakan tersebut berlaku di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan, yakni untuk memberikan rasa nyaman kepada para peserta JKN - KIS selama menjalani perjalanan mudik lebaran.

Debbie juga menegaskan, peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan selama perjalana mudik tidak dipungut biaya sepersen pun.

"Tidak diperkenankan menarik iuran dari peserta," ungkapnya.

Ada 14 rumah sakit di empat kota/kabupaten yang bekerja sama dengan BPJS Pasuruan, di antaranya RSUD dr R Soedarsono yang ada di Kota Pasuruan.

Selain itu, ada juga RSUD Bangil, RS Bhayangkara Watu Kosek, RSI Masyitoh dan RS Mitra Sehat Medika. Empat rumah sakit tersebut berada di Kabupaten Pasuruan. Ada pula RSUD Moh Saleh, RS Dharma Husada, RSIA Amanah dan RSIA Muhammadiyah yang ada di Kota Probolinggo. Kemudian ada RSUD Tongas, RS Rizani, RSUD Waluyo Jati, RSU Wonolangan dan RS Graha Sehat yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Sejumlah rumah sakit tersebut mengaku sudah menyiapkan pelayanan bagi peserta JKN - KIS yang butuh pelayanan kesehatan selama perjalanan mudik. Bahkan, untuk Kabupaten Pasuruan sudah disediakan posko kesehatan, seperti di Pasar Ngopak, Jembatan Timbang Rejoso, Sedarum-Nguling, Sentra UKM Bangil, Taman Dayu Pandaan, Simpang Tiga Purwosari, dan Bundaran Gempol.

"Ada klinik sederhana. Dibuka mulai tanggal 2 hingga 10 Juli," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Loembini Pedjati Lajoeng dalam kesempatan yang sama.

 

Kompas TV Waspada Pasar Tumpah!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com