Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Kereta Api Bandung-Bandara Husein Sastranegara Segera Dibangun

Kompas.com - 24/06/2016, 13:03 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tengah merintis kerja sama bersama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Salah satu kerja sama yang bakal direalisasikan dalam waktu dekat yakni pembukaan jalur kereta api dari Kebon Kawung ke Bandara Husein Sastranegara.

"Ada rencana mengoneksi kereta api baru dari Kebon Kawung ke Bandara Husein," tutur Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Jumat (24/6/2016).

Jalur kereta yang digunakan, lanjut Emil, merupakan jalur lama yang tak termanfaatkan lantaran tertutup gudang. Dulunya, jalur tua itu menghubungkan stasiun Andir dan Bandara Husein Sastranegara.

"Rencananya jalurnya bakal dihubungkan hingga stasiun Bandung, Kebon Kawung. Ada rel kereta yang tidak termanfaatkan. Jadi nanti penumpang (bandara) bisa turun, jalan sedikit, kemudian naik kereta ke Kebon Kawung," ujarnya.

Untuk mematangkan sejumlah poin kerja sama itu, Pemkot Bandung dan PT KAI sepakat membuat tim satuan tugas untuk mengurus tiap aspek kerja sama.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya mengizinkan Pemkot Bandung memanfaatkan aset milik perusahaan.

"Banyak aset yang bisa dikerjasamakan dengan Pak Wali Kota. Karena Pak Wali Kota orang arsitek, ini sangat penting dalam (penataan) kota," ujarnya.

Edi menambahkan, untuk kereta bandara bisa terealisasi karena jalurnya memang tidak terlalu panjang.  

"Itu cukup mudah, jalurnya sudah ada tertutup gudang, tapi kalau sedikit bisa cepat (selesai). Jaraknya 400 meter dari pintu terminal," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com