Tol Laut Panjang-Tanjung Priok Bisa Urai Kemacetan Jalur Lintas Sumatera

Kompas.com - 22/06/2016, 16:25 WIB
KM Mutiara sentosa III siap angkut penumpang mudik Lebaran 2016 yang beroperasi di Pelabuhan Panjang. KOMPAS.com/Eni MuslihahKM Mutiara sentosa III siap angkut penumpang mudik Lebaran 2016 yang beroperasi di Pelabuhan Panjang.
|
EditorCaroline Damanik

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Tol laut Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok diharapkan bisa mengurai kemacetan jalan Lintas Sumatera.

Untuk mencapainya, kapal Mutiara Sentosa III yang dioperasikan oleh PT Atosim Lampung Pelayaran diresmikan oleh Dirjen Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono di Dermaga B Pelabuhan Panjang Bandarlampung, Rabu (22/6/2016) sore.

Pengoperasian kapal roro ini dilaksanakan untuk menyukseskan tol laut dan short sea shipping pemerintah yang diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan kepadatan transportasi di darat.

"Jika kapal yang beroperasi itu tetap dan terjadwal, ada atau tidak ada, penumpang tetap berangkat maka akan semakin memperlancar arus barang dan penumpang di Indonesia," kata Tonny.


Ada tiga kapal yang dioperasikan pada rute tol laut Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok ini, yakni KM Mutiara Sentosa II, KM Mutiara Sentosa III dan KM Mutiara Sentosa Timur I.

Kapal-kapal tersebut dalam sehari melakukan tiga kali perjalanan dengan jarak tempuh sekitar delapan jam. Pembelian tiket dapat dilakukan secara online.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X