Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Laut Panjang-Tanjung Priok Bisa Urai Kemacetan Jalur Lintas Sumatera

Kompas.com - 22/06/2016, 16:25 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Tol laut Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok diharapkan bisa mengurai kemacetan jalan Lintas Sumatera.

Untuk mencapainya, kapal Mutiara Sentosa III yang dioperasikan oleh PT Atosim Lampung Pelayaran diresmikan oleh Dirjen Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono di Dermaga B Pelabuhan Panjang Bandarlampung, Rabu (22/6/2016) sore.

Pengoperasian kapal roro ini dilaksanakan untuk menyukseskan tol laut dan short sea shipping pemerintah yang diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan kepadatan transportasi di darat.

"Jika kapal yang beroperasi itu tetap dan terjadwal, ada atau tidak ada, penumpang tetap berangkat maka akan semakin memperlancar arus barang dan penumpang di Indonesia," kata Tonny.

Ada tiga kapal yang dioperasikan pada rute tol laut Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok ini, yakni KM Mutiara Sentosa II, KM Mutiara Sentosa III dan KM Mutiara Sentosa Timur I.

Kapal-kapal tersebut dalam sehari melakukan tiga kali perjalanan dengan jarak tempuh sekitar delapan jam. Pembelian tiket dapat dilakukan secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com