Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Penipuan "Online", 31 WNA China Diamankan Polisi Bogor

Kompas.com - 21/06/2016, 07:07 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor Kota, Jawa Barat melakukan pengamanan terhadap 31 warga negara asing asal China yang diduga melakukan kegiatan penipuan secara online atau cyber fraud.

Puluhan warga China tersebut diamankan jajaran Reskrim Polres Bogor Kota bersama Kantor Imigrasi wilayah Bogor di Komplek Perumahan Villa Duta, Jl Kingkilaban, Kecamatan Bogor Timur.

Kapolres Bogor AKBP Andi Herindra menyebutkan, ke 31 WNA tersebut terdiri atas 22 laki-laki dan sembilan orang wanita. Mereka diamankan dalam penggerebekan yang dilakukan Senin (20/6/2016) malam.

"Kita melakukan pengamanan setelah melakukan penyelidikan berdasarkan informasi dari warga adanya aktivitas yang mencurigakan di komplek tersebut," kata Andi.

Menurut Andi, 31 WNA tersebut menyalahi peraturan keimigrasian karena tidak memiliki dokumen resmi. Selain itu, mereka datang melakukan pekerjaan yakni penipuan online.

"Kami mengamankan sejumlah alat bukti berupa puluhan telepon genggam, belasan telepon rumah, komputer, dan peralatan elektronik lainnya," kata Andi.

Untuk selanjutnya, ke 31 WNA akan diserahkan ke Imigrasian untuk diproses lebih lanjut sesuai undang-undang keimigrasian.

Sementara itu, informasi di lapangan menyebutkan, warga China itu telah tinggal di komplek perumahan tersebut hampir lima bulan.

Kepala Kantor Imigrasi Bogor Herman Lukman mengatakan, mereka masih menjalani pemeriksaan di kantor Imigrasi Bogor.

"WNA Tiongkok tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian," kata Herman.

Terkait penipuan online yang dilakukan para WNA tersebut, lanjut Herman, pihaknya masih menunggu hasil investigasi dari Tim Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri.

"Kita belum bisa memastikan motif dan aktivitas yang dilakukan mereka. Masih dilakukan investigasi oleh Mabes Polri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com