Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Timpa Rumah, Nenek Meninggal, Cucu Selamat

Kompas.com - 13/06/2016, 18:28 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK,KOMPAS.com - Sebuah rumah warga di Trenggalek Jawa Timur tertimpa longsoran tebing setinggi kurang lebih 10 meter. Akibatnya, seorang nenek meninggal dunia dan satu balita mengalami luka-luka di bagian kepala.

Tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB Minggu (12/06/2016) ini menimpa rumah milik Mardi warga Dusun Gempolan, Desa Gamping, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek.

Bagian belakang rumah ambrol diterjang material tanah dan bebatuan. Kejadian ini terjadi secara tiba-tiba, sebelumnya tidak ada tanda-tanda mau longsor.

"Saya menerima laporan tanah longsor ini sekitar pukul delapan setelah shalat tarawih dari warga saya. Setelah saya ke lokasi, kemudian saya teruskan laporan ini ke jajaran Polsek Suruh dan Koramil. selanjutnya kami lakukan evakuasi dan satu korban langsung kami makamkan," kata Kepala Desa Gamping Asrofi, Senin (13/6/2016).

Sebanyak, dua anggota keluarga Mardi menjadi korban dalam peristiwa tersebut, yakni Marikem (90) meninggal dan Pranata, balita yang masih berusia empat bulan mengalami luka-luka sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Kedua korban yang sedang tidur tertimpa reruntuhan bangunan serta material longsor.

Sementara itu Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Joko Rusianto menduga, kejadian longsor ini diakibatkan oleh kondisi tebing yang labil dan terlalu curam, sehingga mudah runtuh. Kini, petugas gabungan bersama warga melakukan pembersihan material longsor.

"Jadi air di dalam tebing itu merembes, sehingga tebing tidak kuat menahan dan akhirnya ambrol ke rumah. Untuk penanganannya kami lakukan dengan cara manual. Karena kalau pakai alat berat tidak mungkin, Karena lokasi longsor terjal dan sempit," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com