Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Rusak, Sudah 3 Hari KM Fadhilah Adios Hanyut di Lautan

Kompas.com - 13/06/2016, 16:06 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Akibat cuaca buruk, KM Fadhilah Adios 01, mengalami kerusakan mesin di perairan antara Kabupaten Buton dan Kabupaten Wakatobi, Jumat (10/6/2016). Hingga saat ini kapal ini masih berada di lautan.

“Sampai saat ini masih hilang kontak, sudah tiga hari hanyut di laut. Kapal terhanyut karena kekuatan arus yang kuat di perairan Wakatobi, ini yang mengakibatkan kerusakan mesin. Gelombang laut begitu tinggi dan arus yang kuat makanya ada gangguan mesin karena tidak mampu,” kata Agen Kapal Fadhilah Adios 01, Dede, Senin (13/6/2016).

Kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Murhum Kota Baubau, pada hari Kamis (9/6/2016) dengan memuat bahan bakar minyak (BBM) PLN menuju ke Pulau Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi.

Kapal tersebut memuat BBM sebanyak 99 ton. Keesokan harinya, kapal tersebut mengalami kerusakan mesin, hingga terhanyut di lautan sampai hari ini.

Menurut Dede, kapal tersebut sempat ditemukan nelayan dan ditolong oleh kapal nelayan untuk ditarik. Namun karena cuaca buruk, kapal nelayan tersebut juga tidak mampu menariknya.

“Kapal ini, tadi pagi sudah berada dekat perairan Kota Baubau, hanya lambat pertolongan jadi hilang lagi. Tadi pagi kami kontak-kontak terhubung, tapi sekarang sudah hilang kontak lagi. ABK ada 7 orang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com