Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.590 Tiket Kereta Mudik Gratis Surabaya-Banyuwangi Ludes Diserbu Warga

Kompas.com - 07/06/2016, 17:17 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiket kereta api untuk mudik gratis Surabaya-Banyuwangi ludes diserbu warga.

Sebanyak 1.590 tempat duduk habis dipesan dalam kurun waktu hanya empat hari sejak 3 Juni lalu.

Mudik gratis Surabaya-Banyuwangi dengan KA Probowangi akan digelar tiga hari sejak 3 hingga 5 juli mendatang. Sehari ada 530 kursi, jika tiga hari maka 1.590 kursi.

"Sudah ludes sejak kemarin siang," kata perwakilan Humas PT KAI Daop VIII, Suprapto, Selasa (7/6/2016).

Mudik gratis kereta api ke Banyuwangi juga bisa dari Malang menggunakan kereta api Tawang Alun dengan waktu dan kapasitas yang sama.

"Namun peminatnya tidak sebanyak Surabaya-Banyuwangi. KA Tawang Alun tanggal 3 Juli masih tersisa 340 tempat duduk, tanggal 4 dan 5 tersisa masing-masing 424 tempat duduk," tambahnya.

KA Probowangi dan Tawang Alun tidak hanya menyediakan angkutan mudik, tetapi juga balik. Arus balik KA Probowangi, kata Suprapto, terjadi mulai 8 hingga 10 Juli, sedangkan KA Tawang Alun hanya pada  8 dan 9 Juli 2016.

Khusus KA lokal seperti Penataran, Dhoho, Tumapel dan KRD, pemesanan tiket bisa dilakukan H-7 menjelang lebaran. Total yang disiapkan pemprov Jatim dan PT KAI Daop 8 adalah 14 perjalanan KA dengan tujuan berbagai daerah di Jawa Timur. 

Setiap harinya, selama musim angkutan Lebaran, ada 11.785 per hari yang disediakan, atau total 113.080 tiket selama pelaksanaan mudik dan balik gratis 2016.

Cara memesan tiket mudik gratis KA cukup dengan memberikan foto kopi KK, KTP, atau kartu pelajar. Satu keluarga dibatasi empat orang pemesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com