Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Program "Homestay", Masyarakat Pongok Tolak Pembangunan Hotel

Kompas.com - 06/06/2016, 16:48 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Demi mengembangkan potensi pariwisata bernuansa kearifan lokal, masyarakat Kecamatan Kepulauan Pongok, Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyepakati program penyediaan fasilitas penginapan berbasis homestay.

Dipilihnya rumah-rumah penduduk sebagai tempat menginap para pengunjung, sekaligus sebagai bentuk penolakan warga terhadap investor yang hendak membangun hotel.

“Sudah beberapa kali kami sampaikan dan masyarakat sepakat agar rumah mereka disiapkan sebagai homestay. Program homestay ini bahkan sudah berjalan,” kata Camat Kepulauan Pongok Muhammad Iqbal kepada Kompas.com seusai menghadiri rapat di kantor Desa Pongok, Senin (6/6/2016).

Menurut Iqbal, keberadaan homestay akan menjadi salah satu penggerak perekonomian masyarakat. Pemerintah kecamatan akan memasang plang nama bagi rumah-rumah yang dijadikan homestay.

“Kalau membangun hotel hanya pemilik modal saja yang menikmati. Kalau tinggal di rumah penduduk akan langsung terasa manfaatnya. Nanti makan para pengunjung disediakan langsung pemilik rumah. Jangan khawatir menunya akan bervariasi dengan bahan ikan segar dari laut,” ujar Iqbal.

Pihak kecamatan, kata Iqbal, saat ini tengah mempersiapkan aturan biaya homestay yang disisihkan juga untuk kas pembangunan desa.

“Selain homestay, kami juga meluncurkan paket wisata memancing. Dengan biaya Rp 1 juta untuk satu kapal, Rp 50.000 disetorkan untuk desa. Ini sudah berjalan,” papar Iqbal sembari menyebutkan program homestay lebih membangun ikatan emosional antara pengunjung dengan warga setempat.

Kepala Dusun Pantai, Desa Pongok, Syafri, mengatakan, program homestay diminati masyarakat karena mendatangkan penghasilan tambahan.

“Awalnya masyarakat ada yang belum siap, tapi ketika melihat rumah tetangganya dijadikan penginapan bagi pengunjung, yang lain juga mau,” ujar Syafri yang rumahnya juga didaftarkan sebagai homestay.

Perangkat Desa Pengok berencana mengalokasikan dana desa untuk merangsang pembangunan fasilitas di rumah-rumah warga yang akan dijadikan homestay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com