Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Terapung Sudah Reyot, Anak-anak Suku Bajo Tetap Semangat Belajar

Kompas.com - 06/06/2016, 16:46 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com – Puluhan anak-anak perkampungan Suku Bajo, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, tetap bersemangat datang ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Balimu. Padahal dinding sekolah yang terbuat dari anyaman bambu dan papan kayu ini sudah reyot dan mulai bolong-bolong.

Sekolah SDN 1 Balimu ini dibangun atas swadaya masyarakat perkampungan Suku Bajo.

Seorang warga perkampungan Suku Bajo, Hadi (36), mengatakan, di perkampungan tersebut belum mempunyai sekolah dasar, sehingga masyarakat membangunnya di atas air laut.

“Ada sekolah yang permanen tapi jaraknya cukup jauh. Anak-anak di kampung sini susah untuk pergi sekolah disana.Makanya ini sekolah dibangun atas swadaya masyarakat,” kata Hadi, Senin (6/6/2016).

Sekolah ini dibangun dengan model rumah panggung yang beralaskan papan kayu. Sekolah SDN 1 Balimu ini terbagi dalam dua kelas saja dengan meja dan kursi seadanya.

Selain itu, guru yang mengajar cukup memprihatinkan yakni hanya dua orang saja, salah seorang gurunya dengan pendidikan terakhir ijazah SMA saja.

“Saya sudah dua tahun mengajar di sekolah ini. Tidak ada yang mau mengajar disini. Yang guru satunya adalah kepala sekolah, dia pendidikannya sarjana pendidikan,” ucap seorang guru, Adi (22).

Mata pelajaran yang ia ajarkan kepada anak Suku Bajo yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, dan olah raga.

Menurut dia, kepala desa memintanya untuk mengajar di SDN Balimu dengan gaji Rp 300.000 per bulannya.

“Saya hanya tamatan SMA saja, saya mau mengajar disini karena siswa disini anak-anak Suku Bajo semua. Walaupun tidak ada gajinya, saya tetap mengajar agar mereka tidak dibodohi orang-orang,” tuturnya.

Seorang siswa SDN 1 Balimu, Agus (7), mengaku sangat senang dengan sekolahnya, karena selain jaraknya dekat dengan rumah, juga bisa semua teman-temannya satu kampung dengannya.

“Saya suka sekolah disini. Kalau sudah besar saya ingin menjadi guru,” ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com