Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Unik Penyambutan Mahasiswa Baru di Unsri Indralaya Ogan Ilir

Kompas.com - 31/05/2016, 21:06 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Ada yang unik dalam proses daftar ulang atau registrasi mahasiswa baru Universitas Sriwijaya (UNSRI) Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 hari ini.

Proses daftar ulang yang dipusatkan di gedung Student Centre Universitas Sriwijaya (Unsri) Indralaya itu dimeriahkan oleh kehadiran mahasiswa senior yang menyambut mahasiswa dengan gaya yang unik dan lucu.

Ratusan mahasiswa senior Unsri dari berbagai fakultas itu menggunakan atribut unik dan berbagai poster untuk menyambut mahasiswa baru yang lolos dari jalur SNMPTN.

Mahasiswa juga berusaha menarik perhatian orang di sekitarnya dengan menunjukkan tulisan nama fakultas dan nama asal daerah mereka.

Seorang mahasiwa bahkan mengibar-kibarkan sebuah bendera fakultasnya untuk menarik perhatian mahasiswa lain.

Tradisi penyambutan mahasiwa ini merupakan tradisi unik dari Unsri sebagai tanda sambutan mahasiswa senior kepada adik kelas mereka.

Stan-stan fakultas dan unit kegiatan mahasiwa (UKM) juga didirikan untuk menarik minat mahasiswa baru agar bergabung dengan UKM mereka.

Sari, mahasiswa baru asal Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengaku senang dan bangga bisa masuk kampus tersebut. Perempuan yang diterima di Fakultas Pertanian itu berjanji akan belajar keras agar dapat memperoleh nilai yang baik.

"Saya senang bisa masuk Unsri dari jalur SNMPTN karena dari ratusan siswa hanya dua atau tiga orang yang masuk dari jalur ini," katanya.

Mahasiswa lain, Suryadi asal dari Palembang, juga merasa gembira sebab bisa berkuliah di salah satu kampus besar di Indonesia itu.

"Senang dan bangga bisa kuliah di kampus Unsri yang megah ini," katanya Usai melakukan daftar ulang mahasiswa baru dari jalur SNMPTN yang jumlahnya mencapai 1800 mahasiswa itu langsung dites kesehatan dan urinenya di klinik kesehatan Univesitas Sriwijaya. K108-15

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com