Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hong Kong Air Turbulensi di Udara Kalimantan, Kembali Mendarat Darurat ke Ngurah Rai Denpasar

Kompas.com - 07/05/2016, 07:55 WIB
Amir Sodikin

Penulis

Sumber ANTARA

DENPASAR, KOMPAS.com - Pesawat Hong Kong Air yang mengalami turbulensi dan mendarat darurat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (7/5/2016), ternyata akan melayani rute Denpasar - Hong Kong.

Pesawat tersebut memiliki nomor penerbangan CRX 6704 / HX 6704 yang mengalami turbulensi di wilayah udara sekitar Kalimantan. Pesawat memilih mendarat kembali ke Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Sabtu dini hari.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Trikora Harjo, di Kuta, Kabupaten Badung, menjelaskan 17 orang cedera akibat turbulensi tersebut.

"Sebanyak 12 orang sudah dibawa ke rumah sakit," katanya seperti dikutip Antara

Baca juga: Pesawat Hong Kong Air Mengalami Turbulensi, Penumpang Luka-luka

Dia menjelaskan 12 orang penumpang tersebut dirawat di Bali International Medical Center (BIMC) Kuta, sedangkan lima lainnya cukup menjalani perawatan di klinik bandara karena mengalami luka ringan.

Hingga kini, evakuasi masih berlangsung. Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia Sutopo Purwo Nugroho, sempat mengirim gambar melalui akun Twitter-nya yang menunjukkan aktivitas evakuasi.


Dok. UPT Pusdalops BPBD Bali Suasana evakuasi penumpang pesawat Hongkong Air, Sabtu (7/6/2016).
Pesawat Hong Kong Airlines yang melayani rute Denpasar menuju Hong Kong tersebut membawa 204 penumpang dan kru pesawat 12 orang.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bali sekitar pukul 01.50 Wita dan dijadwalkan mendarat di Hong Kong sekitar pukul 07.05 waktu setempat.

Namun setelah mengudara selama sekitar dua jam 30 menit, pesawat mengalami guncangan hebat akibat turbulensi. Pilot Tinios Peter kemudian memutuskan untuk kembali ke Bali atau "return to base".

dok. UPT Pusdalops BPBD Bali Suasana evakuasi penumpang pesawat Hongkong Air, Sabtu (7/6/2016).
Pesawat kemudian berhasil mendarat dengan mulus di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 04.28 Wita.

Penumpang yang terluka kemudian dievakuasi menggunakan sejumlah ambulan dari Angkasa Pura, BPBD, BNPB, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan ke klinik bandara dan rumah sakit terdekat.

Penumpang yang tidak mengalami cedera untuk sementara waktu ditempatkan di ruang tunggu keberangkatan.

(Baca juga: Turbulensi Pesawat Begitu Hebat, Mengapa Bisa Terjadi?)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com