Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Libur Panjang, Truk Angkutan Barang Wajib Menepi jika Ada Kemacetan

Kompas.com - 05/05/2016, 18:23 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jawa Timur mengimbau pengendara angkutan truk angkutan barang untuk menepi jika terjadi kemacetan parah. Sopir wajib menepikan kendaraannya di lokasi yang dianggap representatif.

Kepala Bidang Pengendalian Dan Operasional Dishub dan LLAJ Jawa Timur Isa Ansori mengatakan, Kementerian Perhubungan memang tidak mengeluarkan larangan khusus soal operasional angkutan barang saat libur panjang pada 5-8 Mei. Namun, ada imbauan agar sopir angkutan barang mengerti kondisi lalu lintas saat ini.

"Selain perintah berhenti saat kondisi macet, pengusaha angkutan barang juga diminta sementara mengoperasikan truk ukuran kecil saat libur panjang," kata dia, Kamis (5/5/2016) sore.

Untuk menunjang kelancaran arus kendaraan saat libur panjang, 20 jembatan timbang di seluruh Jawa Timur juga diberlakukan sistem buka-tutup.

"Jika kondisi macet, maka jembatan timbang ditutup, dan petugasnya diminta membantu mengatur arus lalu lintas," kata Isa.

Sejumlah jalur di Jawa Timur diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas, antara lain jalur Sepanjang-Trosobo di Sidoarjo, Duduk Sampeyan di Lamongan, Pintu Tol Pandaan Pasuruan, dan Karanglo Malang.

Petugas dishub dan polisi telah menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com