Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Wisata Gunung Arjuno-Welirang "Banjir" Pendakian

Kompas.com - 05/05/2016, 17:34 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Tidak hanya lokasi wisata keluarga yang menjadi jujukan wisatawan pada libur panjang kali ini. Sejumlah lokasi wisata pendakian juga padat kunjungan, antara lain di wisata pendakian Gunung Arjuno-Welirang.

Sejak Rabu (4/5/2016) sore, gunung yang membelah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto itu ramai dikunjungi pendaki.

"Saya ingin suasana baru pada libur panjang ini," kata Vizky Al Pasaha, Kamis (5/5/2016), sesaat sebelum memulai pendakian di pintu masuk Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Sebetulnya mahasiswa di Universitas Airlangga Surabaya itu belum pernah melakukan pendakian. Namun, kali ini ia bertekad menikmati libur panjang di atas gunung dengan ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut itu.

"Selain berwisata, saya juga ingin melatih mental," ujarnya.

Bersama empat temannya, remaja asal Surabaya itu akan menuntaskan pendakian selama tiga hari ke depan.

Pemandu Wisata Gunung Arjuno-Welirang, Irfan, mengatakan, ada peningkatan kunjungan pada libur empat hari pekan ini.

Jika biasanya ada 10 rombongan pengunjung per hari, sekarang meningkat menjadi 70 rombongan. Jumlah itu diprediksi akan bertambah lagi hingga libur panjang berakhir.

"Tujuh puluh rombongan itu yang hari ini saja sampai siang. Kemarin (Rabu) sore juga banyak," katanya.

Pendaki yang datang di tempat ini sebagian besar berasal dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Mereka rata-rata akan menempuh pendakian selama tiga hari.

"Kondisi hari-hari ini bagus. Seminggu ini cuaca cerah," kata Irfan.

Untuk menjaga keamanan, pihaknya menerapkan pengecekan terhadap peralatan dan perlengkapan yang dibawa para pendaki. Jika tidak memenuhi standar, pendaki dilarang melanjutkan perjalanan.

Ada empat pintu pendakian menuju puncak Arjuno-Welirang. Empat pintu pendakian itu diantaranya ada di Tretes Prigen, Tambak Watu Purwodadi, Lawang dan Sumber Brantas Cangar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com