Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodim Brebes dan BNN Tes Urine ke Rumah Dinas TNI

Kompas.com - 25/04/2016, 05:01 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Jajaran Komando Distrik Militer 0713 Brebes, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine terhadap anggota TNI yang sedang berada di rumah dinas, Minggu (24/4/2016).

Aksi "jemput bola" ini dilakukan untuk menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan aparat penegak hukum.

Kodim dan BNN melakukan tes urine di tiga rumah dinas koramil di Brebes, yaitu Jatibarang, Ketanggunggan, dan Brebes.

Setiap anggota yang kedapatan tidak piket langsung diminta untuk menjalani tes urine oleh BNN.

Kasdim Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad mengatakan, tes urine ini merupakan bentuk dukungan dari program pemerintah yaitu perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Sasarannya di rumah-rumah dinas.

"Tidak hanya anggota TNI yang dites urine, anggota keluarga. seperti istri, juga kita tes urine. Tentunya akan ditindak sesuai dengan ketentuan apabila ada anggota yang menyalahgunakan narkoba," kata Ustadi.

Kepala BNN Brebes Atmo Tan Sidik menjelaskan, langkah Kodim 0713 Brebes bekerja sama dengan BNN merupakan kedua kalinya dalam rangka memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Sejauh ini belum ada anggota TNI maupun keluarganya yang terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba.

"Memang ada yang positif, tapi anggota tersebut punya argumentasi dan bukti bahwa obat yang diminumnya berdasarkan resep. Yang perlu saya luruskan adalah bukan bebas narkoba, tapi bebas penyalahgunaan narkoba," jelas Atmo.

Dari tiga tempat rumah dinas, BNN melakukan tes terhadap 15 anggota TNI dan sejumlah keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com