Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Babel Diharapkan Punya Jembatan Penghubung ke Sumatera Selatan

Kompas.com - 24/04/2016, 15:15 WIB

BANGKA, KOMPAS.com — Provinsi Bangka Belitung diharapkan bisa dihubungkan dengan jembatan ke Provinsi Sumatera Selatan.

"Proyek jembatan penghubung Bangka-Sumatera itu baru sebatas wacana. Namun, wacana proyek ini sudah pernah kami sampaikan ke sejumlah instansi terkait, termasuk pihak Badan Pengembangan Infrastruktur Daerah serta pihak Bappenas pusat di Jakarta," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bangka Belitung, Agus Arfandi, seperti dikutip bangkapos.com, Jumat (22/4/2016).

Desa Permis, Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan, dipilih sebagai ujung jembatan karena jaraknya cuma sekitar 10 kilometer ke Sumatera Selatan.

Sementara itu, ujung jembatan di Sumatera Selatan akan dibangun di Ogan Komering Ilir. Dengan demikian, total panjang jembatan nanti diperkirakan mencapai 13 kilometer.

Wacana ini sempat disampaikan Gubernur Babel Rustam Effendi saat musrenbang yang digelar di Hotel Novotel belum lama ini, termasuk saat rakor di Kabupaten Belitung.

"Rencana megaproyek tersebut akan diwujudkan pada 2019 mendatang dengan ukuran panjang sekitar 13 kilometer. Wacana proyek jembatan penghubung Bangka-Sumatera ini justru banyak mendapat respons positif dari berbagai pihak terkait," ucap Agus.

Pihaknya berencana mencari investor yang berminat untuk menanamkan investasi di proyek jembatan penghubung tersebut.

"Proyek ini memang butuh dana atau anggaran yang cukup besar. Namun, kami upayakan untuk mencari investor yang mau berinvestasi dalam proyek ini," sambung Agus. (Ryan A Prakasa)

Baca juga: "Terima Kasih Pak Presiden Telah Meresmikan Jembatan Merah Putih"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com