Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Semarang: Aksi Daffa Contoh Nyata Bahwa Kita Diingatkan..

Kompas.com - 20/04/2016, 08:09 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Wali Kota Semarang, Jawa Tengah Hendrar Prihadi mengapresiasi atas aksi Daffa Farros Oktoviarto (9) yang menghadang pengendara motor berjalan di pedestarian selama sebulan terakhir.

Hendrar mengatakan, memang untuk menjaga trotoar bukan tugas Daffa maupun masyarakat umumnya. Tugas yang biasa diemban biasanya ditumpukan kepada Dinas Perhubungan, maupun pihak Unit Lalu Lintas di Kepolisian. Namun dengan personel yang terbatas, masyarakat dinilai berhak menggantikan tugas mereka.

“Mungkin keterbatasan personel, sehingga pengawasan bisa dilakukan siapa saja. Kami ucapkan terima kasih,” kata Hendrar, kepada Kompas.com, Selasa (19/4/2016).

Pria yang kerap dipanggil Hendi ini mengambil sisi positif dari aksi yang dilakukan Daffa. Meski aksi mengandung risiko, Hendi ingin aksi itu menjadi pelajaran anak buahnya untuk bisa bekerja secara lebih.

Ia pun berencana akan mendatangi Daffa di sekolahnya untuk memberikan apresiasi secara langsung. “Menurut saya ini perlu diapresiasi. Ini contoh nyata bahwa kita diingatkan, ini contoh partisipasi masyarakat untuk bisa bergerak bersama,” kata dia lagi.

Aksi Daffa sempat terekam pada Selasa sore. Dengan beraninya, ia memarahi seorang pengendara motor yang berjalan menaiki trotoar. Bagi dia, trotoar fungsinya khusus untuk para pejalan kaki.

“Pokoknya enggak boleh. Ini trotoar bukan untuk kendaraan bermotor, ini untuk pejalan kaki,” kata Daffa, Selasa (19/4/2016) sore itu kepada Benny, pengendara yang dimarahinya. (baca: Menuntun Motor di Trotoar Pun Kena "Semprot" Bocah Daffa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com