Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi dan BKSDA Aceh Selidiki Penyebab Kematian Gajah

Kompas.com - 18/04/2016, 20:52 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Tim Identifikasi Polres Aceh Timur bersama Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Senin (18/4/3016), menyelidiki penyebab kematian seekor gajah jantan di kompleks perkebunan PT Dwi Kencana Semesta di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur.

Tim mengambil sampel darah, kotoran dan pembedahan gajah untuk diteliti.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Budi Nasuha mengatakan, hasil pemeriksaan sementara gajah, jantan itu diperkirakan mati 2 hari lalu.

"Usia gajah diperkirakan empat tahun," jelas AKP Budi.

Dia menambahkan, tahap pertama penyelidikian adalah menyisir lokasi radius 100 meter dari tempat gajah mati. Hal ini untuk mengetahui apakah ada benda-benda yang mencurigakan.

"Tahap kedua mengambil contoh darah dan kotoran gajah, dan terakhir membedah gajah. Pembedahan dilakukan oleh dokter Ridwan dan Rika Mawarti dari BKSDA," ujarnya.

Tim BKSDA mengambil hati, jantung, usus, limpa, lidah dan cairan usus dari gajah untuk diteliti di laboratorium.

"Sekitar satu minggu ke depan baru bisa diketahui secara pasti apa penyebab kematian satwa yang dilindungi itu," ujarnya.

Setelah proses pembedahan berakhir, kemudian diambil gading yang panjangnya sekitar 3 sentimeter dan dibawa ke kantor BKSDA Aceh.

"Setelah itu, tadi bangkai gajahnya sudah dikuburkan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com