Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Gundukan Pasir, Kapal Berbendera Hongkong Kandas di Pelabuhan Gresik

Kompas.com - 08/04/2016, 11:48 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Berniat melakukan bongkar muat di Pelabuhan Wilmar Nabati Indonesia, Kapal Motor Anda Jaya berbendera Hongkong yang mengangkut 44.000 ton pupuk justru kandas di kawasan Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.

Kapal yang memiliki panjang 190 meter dan lebar 32 meter dengan bobot 27.763 ton ini kandas di titik koordinat 7 derajat 08.189 s dan koordinat 122 derajat 39.641 e. Kapal ini kandas setelah menabrak sebuah gundukan di dasar laut.

“Saat ini petugas kami terus melakukan upaya evakuasi di lapangan. Semoga sebelum sore hari nanti, evakuasi kapal yang kandas di area Pelabuhan PT Smelting tersebut sudah bisa terlaksana dengan baik,” ujar Kasi Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Gresik, Nanang Afandi, Jumat (8/4/2016).

Menurut Nanang, kapal yang berlayar dari Singapura dengan tujuan Gresik tersebut kandas pada Selasa (5/4/2016) lalu. Namun usaha evakuasi sempat terganjal oleh kondisi cuaca sehingga belum bisa dilakukan dengan cepat.

Selain itu, gundukan di posisi kapal karam menyebabkan kedalaman air di titik tersebut hanya 10 meter. Akibatnya, ketika kapal melintas di atas gundukan tersebut, dipastikan akan kandas dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Sementara di kanan kiri kapal yang kandas, kedalaman air laut hanya mencapai 20 meter.

“Kami sudah coba melakukan evakuasi dengan menarik kapal, namun belum berhasil. Makanya, hari ini kami coba cara lain, dengan memindahkan sebagian muatan kapal yang karam ke kapal lain, baru kemudian kapal yang karam itu ditarik oleh kapal lain,” terangnya.

Namun Nanang menegaskan, kejadian karamnya Kapal Motor Anda Jaya tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas kapal lain yang ada di Pelabuhan Gresik. Kapal lain masih bisa masuk keluar Pelabuhan Gresik dengan bebas.

“Dari data yang kami dapat dan pengecekan di lapangan, memang inilah pertama kalinya kapal tersebut bersandar di area Pelabuhan Gresik. Jadi mungkin belum tahu sela dan kondisi pelabuhan di sini,” papar Nanang.

Untuk rentang 2016, memang inilah kejadian pertama kapal kandas di Pelabuhan Gresik. Pada 16 November 2005, Kapal Motor Wihan Sejahtera juga pernah mengalami hal yang sama di depan Dermaga Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com