Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangkat UNBK Tidak Cukup, Guru Diminta Kredit Laptop

Kompas.com - 05/04/2016, 12:28 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan sekolah untuk bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Seperti yang dilakukan oleh SMKN 2 Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Sebenarnya, sekolah yang berada di Jalan KH Agus Salim Kota Pasuruan itu tidak memiliki peralatan yang cukup untuk melaksanakan UNBK. Perangkat elektronik yang tersedia belum mencukupi bagi jumlah siswa yang akan melaksanakan ujian.

Namun demikian, pihak sekolah menyiasati kekurangan perangkat elektronik itu dengan kredit laptop. Nantinya, laptop itu akan dikredit oleh guru yang ada di sekolah tersebut.

"Ada satu ruangan yang laptopnya kredit. Dalam hal ini sekolah sebagai penjamin. Artinya mediator untuk kredit SMKN 2," kata Wakil Kepala Humas SKMN 2 Kota Pasuruan, Masykur kepada Kompas.com, Selasa (5/4/2016).

Meski begitu, Masykur enggan dibilang memaksakan diri untuk melaksanakan UNBK. Menurut dia, kredit laptop yang dilakukannya untuk menyiasati kurangnya perangkat elektronik bagi siswa yang hendak melaksanakan ujian.

"Ada 30 laptop yang kredit. Ini untuk menyiasati supaya siswanya bisa ikut UNBK," ungkapnya.

Nantinya, 30 laptop itu akan dibeli oleh guru secara kredit.

"Guru kan statusnya sudah jelas. Ada yang sudah pegawai tetap. Nanti potong gaji tiap bulan untuk bayar kredit," ungkapnya.

Sementara itu, ada 440 siswa yang ikut UNBK di SMKN 2 Kota Pasuruan. Mereka mengikuti UN di dalam lima ruangan dan tiga shift dalam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com