Untuk Beri Contoh, Pejabat Kanwil Kemenkumham Jalani Tes Urine

Kompas.com - 04/04/2016, 13:21 WIB
Petugas BNN Propinsi Kalbar menata peralatan usai tes urin yang dilakukan pejabat dilingkungan Kanwil Kemenkumham (4/4/2016) KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANPetugas BNN Propinsi Kalbar menata peralatan usai tes urin yang dilakukan pejabat dilingkungan Kanwil Kemenkumham (4/4/2016)
|
EditorCaroline Damanik

PONTIANAK, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Barat melakukan tes urine terhadap pejabat di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham), Pontianak, Senin (4/4/2016).

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalbar, Adjar Anggono, mengungkapkan tes urine tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, terutama di UPT daerah. Khusus hari ini, yang mengikuti tes adalah pejabat yang ada di lingkungan kanwil Kemenkumham.

"Kita mulai dari pejabat yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham dengan harapan bisa memberikan contoh kepada jajaran untuk bersih dari penyalahgunaan narkoba" kata Adjar, Senin (4/4/2016).

Namun, dari 31 pejabat yang ada, hanya 23 orang yang melakukan tes. Kondisi tersebut, tambah Adjar, karena ada sejumlah pejabat yang izin untuk tidak masuk pada hari ini.

"Kita sebenarnya menginginkan semua pejabat maupun staf bisa mengikuti tes ini. Tapi karena keterbatasan alat, jadi tidak semuanya" ucapnya.

Pejabat yang mengikuti tes adalah setingkat Kepala Divisi, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Kepala Sub Bidang di lingkungan Kemenkumham.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Isnawati mengatakan, sepanjang 2016 pihaknya sudah melakukan tes urine di sejumlah kantor pemerintahan dan swasta. Namun, jumlah tes kit yang dimiliki BNNP tahun ini menurun jika dibandingkan tahun ini.

"Ada kebijakan dari pusat, bahwa kita harus memberikan pancing dan bukan memberikan ikan, dan berkaitan dengan pembangunan berwawasan anti-narkoba," kata Isnawati.

Untuk itu, tambah Isnawati, instansi pemerintah maupun swasta diharapkan bisa menyediakan sendiri peralatan tes tersebut. Sedangkan petugasnya, tetap mendatangkan dari pihak BNN.

Berkurang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X