Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Sekolah di Polewali Mandar Siapkan Genset Hadapi Ujian Nasional "Online"

Kompas.com - 03/04/2016, 12:48 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Sedikitnya enam sekolah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menyiapkan genset untuk mengantisipasi padamnya listrik selama ujian nasional berbasis komputer.

Enam sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara serentak pada 4-6 April 2016 itu adalah SMKN 1 Polewali, SMK YPPP Wonomulyo, SMKN 1 Tinambung, SMK PPM Al-Ikhlas Lampoko Campalagian, SMAN 1 Polewali dan SMK Labuang Campalagian.

Tahun ini, UN tingkat SMA dan sederajat di Polewali Mandar diikuti tak kurang dari 5.769 siswa.

Kepala SMAN 1 Polewali Muhammad Faezal mengatakan, pelaksanaan UNBK ini baru pertama kali dilaksanakan di sekolahnya. Penyiapan sarana dan prasarana, khususnya komputer dan mesin genset, dilakukan sejak jauh-jauh hari.

"Untuk kesiapan siswa jauh hari kita sudah bekali tata cara penggunaan komputer saat ujian. Apalagi pelaksanaan ujian semester di SMAN 1 Polewali sudah menggunakan komputer," tutur Faezal.

Ia optimistis bahwa siswanya dapat menjalani UN online tanpa kendala. Selama ini, para siswa sudah terbiasa mengikuti ujian lewat komputer.

Salah seorang siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Polewali, Hikmah Sudirman, mengaku sudah siap menjalani UNBK untuk pertama kali.

"Bagi kami ini bukan hal baru karena setiap kali ujian semester sudah terbiasa menggunakan sistem berbasis komputer," ujar Hikmah.

Selain mendapatkan materi bimbingan dari sekoah, para siswa juga menggunakan internet untuk mencari berbagai bahan ujian, termasuk tutorial pelaksanaan ujian dengan sistem komputer.

Sekretaris Ujian Nasional Polewali Mandar Nurlaela memastikan bahwa seluruh dokumen UN, termasuk ujian konvensial, siap digelar mulai Senin besok.

Panitia memprioritaskan distribusi soal UN di desa-desa terpencil, seperti Alu, Matanga, dan Tutar.

Di tiga kecamatan terdekat dari Kota Polewali Mandar, soal UN tidak didistribusikan langsung ke polsek atau sekolah tempat pelaksana UN. Panitia di masing-masing sekolah akan mengambil soal UN langsung ke Dinas pada hari H pelaksanaan UN. Ketiga kecamatan tersebut adalah Andreapi, Polewali, dan Matakali.

"Sejauh ini tidak ada kendala, semua soal ujian telah lengkap dan kita pastikan hari ini sudah tiba di kantor polsek masing-masing, kecuali tiga sekolah terdekat dari Kota Polewali Mandar," ujar Nurlaela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com