Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangan Kiri Tawan Sudah Mulai Membaik, tetapi Jarinya Masih Lumpuh

Kompas.com - 16/03/2016, 15:34 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan (31), tukang las yang dijuluki si manusia tangan robot asal Bali, sudah mulai merasakan perubahan pada tangan kirinya yang lumpuh. Ia berharap tangannya dapat sembuh dan dapat digerakkan seperti sedia kala.

"Kabarnya baik, tetapi stres. Tangan belum sembuh-sembuh ini, stres saya ini," kata Tawan saat dihubungi melalui telepon dari Denpasar, Rabu (16/3/2016).

Ayah dua anak yang tinggal di Desa Nyuhtebel, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, ini sempat menjadi perhatian publik karena kreativitasnya menggerakkan tangan yang lumpuh dengan alat bantu elektrik yang menyerupai robot.

"Tangan saya terus terapi di Rumah Sakit Kasih Ibu. Namun, kalau ngecek, di Rumah Sakit Sanglah. Terus rutin, saya, terapi ini," kata dia.

Tawan optimistis bahwa tangannya yang lumpuh akan normal kembali.

Dari hasil terapi rutin selama sebulan ini, tangan kiri yang dulunya tidak bisa digerakkan kini sudah ada perubahan. Syaraf lengannya sudah mulai terasa, tetapi jari-jarinya masih terasa mati.

"Tetap berusaha. Minggu depan ke Denpasar lagi, terapi. Sabar saja. Mudah-mudahan berhasil. Bisa normal kembali, bisa bekerja, bisa membantu orang lain," kata Tawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com