Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Parkir Ini Pasang Kardus Bertuliskan "Parkir Asal Ikhlas" di Setiap Kendaraan

Kompas.com - 14/03/2016, 09:29 WIB

Tim Redaksi

BIREUEN, KOMPAS.com - Jangan kaget jika Anda memarkirkan kendaraan di Jalan Tgk Hamzah Bendahara, pusat Kota Bireuen, Aceh. Kardus bekas yang diletakkan di atas kendaraan bertuliskan parkir asal ikhlas menyedot perhatian warga di sana.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Senin (14/3/2016), sejumlah kendaraan roda empat dan dua yang diparkir di sepanjang jalan depan pertokoan terpajang barisan kardus rapi yang bertuliskan "parkir asal ikhlas" tersebut.

Diakui Tarmizi, pengelola parkir di sepanjang jalan T Hamzah Bendahara, tulisan tersebut merupakan idenya yang dituangkan setelah ia kerap mendengar omelan petugas parkir lain yang kurang puas dengan penghasilan yang diberi oleh pengendara.

“Saya tak mau begitu, berapa diberi alhamdulilah, tak diberi juga tak apa-apa kalau memang sudah sering parkir di wilayah kerja kita,” ungkap Tarmizi ditanyai Kompas.com.

Kata dia, sepekan sejak diberlakukannya “kebijakan” tersebut, warga malah terdorong dengan ikhlas membayar biaya parkir ditambah dengan senyuman.

“Kalau dulu mungkin bayarnya terpaksa, tapi sekarang dapat nilai plus, senyuman dari pelanggan yang kerap parkir di sini,” sebut Tarmizi.

Ia menjelaskan, wilayah kerjanya setiap hari disesaki kendaraan roda empat dan roda dua yang parkir di depan sebuah bank unit, warnet dan beberapa warung kopi ternama.

Kendati penghasilannya tidak mengalami penurunan atau kenaikan signifikan, Tarmizi mengaku omsetnya belakangan ini tetap stabil sejalan dengan efektifnya kebijakan "parkir asal ikhlas" ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com