Banjir di Kabupaten Bandung Terparah dalam 10 Tahun Terakhir

Kompas.com - 13/03/2016, 14:04 WIB
Banjir Dayeuhkolot 2015. Setiap tahun, Dayeuhkolot menjadi salah satu langganan banjir akibat meluapnya Sungai Citarum. KOMPAS.com/Reni SusantiBanjir Dayeuhkolot 2015. Setiap tahun, Dayeuhkolot menjadi salah satu langganan banjir akibat meluapnya Sungai Citarum.
EditorErlangga Djumena
BANDUNG, KOMPAS.com — Banjir yang melanda Kabupaten Bandung akibat meluapnya Sungai Citarum disebut-sebut sebagai banjir terparah dalam 10 tahun terakhir.

Sekitar 35.000 rumah di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir luapan Sungai Citarum.

"Banjir kali ini bisa dikatakan paling parah selama 10 tahun terakhir. Ada beberapa lokasi yang ketinggian airnya mencapai 3,3 meter," kata Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bandung Dadang Wahidin ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (13/3/2016).

Ia mengatakan, beberapa lokasi yang sebelumnya tidak terkena banjir sekarang ikut dilanda bah.

"Selama 20 tahun terakhir, Kantor Kecamatan Dayeuhkolot tidak pernah kena banjir, tetapi sekarang ketinggian air di sana mencapai 35 cm," ujar Dadang.

Menurut dia, banjir di tiga kecamatan tersebut mulai terjadi saat wilayah Bandung diguyur hujan sejak Sabtu (12/3/2016) lalu.

"Kemarin itu, hujan cukup deras. Air mulai naik dan masuk ke permukiman warga itu, Sabtu kemarin, sekitar pukul 05.00 sore," katanya.

Dia menyebutkan, saat ini, warga yang rumahnya terendam banjir sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman, seperti masjid, rumah susun, dan kantor partai politik.

Kompas TV Sudah 2 Bulan Baleendah Dilanda Banjir

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X