Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Putri Raja Thailand Menyaksikan GMT di Ternate

Kompas.com - 09/03/2016, 18:39 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE,KOMPAS.com - Putri Raja Thailand Maha Chakri Sirindhorn akhirnya mengungkapkan alasannya menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu (9/3/2016) pagi tadi.

Alasan kedatangan putri raja melihat langsung fenomena alam langka tersebut di Ternate disampaikan langsung Sirindhorn dalam acara di Kedaton Kesultanan Ternate siang tadi.

Dalam acara tersebut hadir keluarga kesultanan Ternate, Gubernur Maluku Utara, Kapolda Maluku, Danrem 152 Babullah Ternate, Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara, perangkat kesultanan, serta masyarakat adat.

Putri raja mengaku ia ke Ternate menyaksikan GMT karena sudah lama mendengar soal kejayaannya Ternate dalam hal rempah-rempah.

Karena itu, kesempatan moment gerhana matahari ini, dimanfaatkan untuk melihat langsung seperti apa Ternate dan rempah-rempahnya.

“Di hadapan gubernur, beliau sampaikan bahwa sudah lama mendengar tentang Ternate yang terkenal dengan rempah-rempahnya, makanya waktu beliau tahu bahwa gerhana akan melewati Ternate, beliau langsung mengatakan bahwa beliau akan berkunjung ke Ternate menyaksikan GMT,” kata Jogugu atau perdana menteri Kesultanan Ternate, H. Zulkiram Mahmud.

Saat GMT di Ternate, Putri Raja menyaksikannya dari halaman depan Kesultanan Ternate.
(Baca : Putri Raja Thailand Amati Gerhana Matahari di Halaman Kesultanan Ternate

Putri juga mengagumi keramahan masyarakat Ternate.

Kunjungannya ke Ternate merupakan suatu kebanggaan dan kebahagian tersendiri.

“Bahkan waktu tarian Lala ditampilkan, beliau turut menari dan menikmati iramanya,” kata Zulkiram lagi.

Usai acara di Kedaton Kesultanan Ternate, putri raja menyempatkan diri melihat kebun cengkeh dan pala di Kelurahan Gambesi, Kecamatan Kota Ternate Selatan.

Dari sini, putri raja kemudian menuju Bandara Babullah Ternate, melanjutkan perjalanan ke Lombok. 

Kompas TV Jokowi-JK Tak Lewatkan Momen GMT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com