Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Dapat Kacamata Gerhana, Klise Foto dan Rontgen Jadi Alternatif

Kompas.com - 09/03/2016, 15:17 WIB
Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com – Menyambut datangnya gerhana matahari (GMT), ribuan warga tumpah ruah di Anjungan Nusantara, Kota Palu Sulawesi Tengah.

Antusiasme warga yang ingin menyaksikan fenomena alam ini, sudah terlihat memadati Anjungan Nusantara yang terletak di pinggir pantai di jalan Raja Moili itu sejak pukul 05.00 WITA.

Warga yang sudah memiliki kacamata gerhana tentunya tidak masalah, berbeda dengan yang belum memiliki. Namun mereka tak kehilangan cara. Klise foto dijadikan alternatif warga yang belum memiliki kacamata gerhana.

Beberapa di antaranya adalah Azis (54), ia menggunakan foto rontgen sebagai pengganti kacamata gerhana.

"Dari pada beli mahal, orang jual sama sama sampai Rp 100 ribu. Mending saya pakai ini," begitu katanya sambil menunjukan potongan foto rontgen yang kira-kira ukurannya mencapai lima inchi.

Ia mengaku mendapatkan foto rontgen itu dari rumah sakit.

Tak hanya Azis, Tiar (30) membuat kacamata berbahan klise foto untuk dapat melihat gerhana matahari total. Sebanyak dua lembar klise foto itu disatukan dan digunting hingga bisa dimasukan ke dalam bingkai kacamata bekas.

Tiar pun menyebut membuat sendiri kacamata tersebut. Dan itupun hanya dibuat dua, untuk Tiar dan istrinya.

"Lumayan juga hasilnya. Tapi biar tidak sempurna kita tidak silau melihat gerhana matahari," ujar Tiar sambil tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com