Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertutup Awan, Gerhana Matahari di Lhokseumawe Baru Terlihat Pukul 07.02 WIB

Kompas.com - 09/03/2016, 11:45 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com — Akibat tertutup awan, gerhana matahari di Lhokseumawe baru terlihat pada pukul 07.02 WIB sampai pukul 08.00 WIB, Rabu (9/3/2016).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan bahwa gerhana di Lhokseumawe terlihat pukul 06.26 WIB hingga 08.00 WIB. Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Aceh Utara dan Aceh Timur.

Ribuan warga menyaksikan GMT di Lapangan KP3 Lhokseumawe. Warga juga melaksanakan shalat gerhana matahari di lapangan pinggir pantai tersebut. Setelah melaksanakan shalat, warga merekam detik demi detik terjadinya gerhana.

Prakirawan BMKG Aceh, Kharendra Muiz, menyebutkan, di seluruh Aceh, gerhana hanya bisa dilihat dengan ketertutupan 75 persen. Matahari terlihat seperti berbentuk sabit, tidak tertutup total seperti beberapa kawasan lain di Indonesia.

"Seluruh daerah di Aceh gerhana tidak terlihat sempurna, sekitar 75 persen saja," kata Kharendra.

Warga sangat antusias melihat gerhana matahari tersebut. Seusai menyaksikan fenomena alam itu, warga memenuhi sejumlah warung kopi di Kota Lhokseumawe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com