Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaksanaan Nyepi, Bali Bagaikan Pulau Mati

Kompas.com - 09/03/2016, 06:35 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Saat ini umat Hindu di Bali menjalani Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1938. Kondisi di hari Nyepi, aktivitas di jalan raya dihentikan sehingga Bali bagaikan pulau mati.

"Hari ini umat Hindu melaksanakan Nyepi. Tidak ada aktivitas yang dilakukan oleh warga kecuali di rumah saja. Jalan raya sepi tanpa kendaraan, " kata Nyoman Sudiasa, Kepala Seksi Keamanan Desa Pakraman Tuban, Badung, Bali, Rabu(9/3/2016).

Pantauan di Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Kuta, sepanjang jalan sepi dan hanya dijaga oleh Pecalang atau petugas keamanan adat di wilayah setempat.

"Kami sudah menempatkan petugas di beberapa titik. Dalam satu kelompok akan dipimpin satu ketua kelompok untuk mengkoordinasikan segala sesuatunya," tambahnya.

Pada Hari Suci Nyepi, umat Hindu melaksanakan Catur Tapa Brata Penyepian di mana ada empat hal yang harus dilakukan. Umat menjalani Amati Geni atau tidak menyalakan api, Amati Karya yaitu tidak melakukan aktivitas kerja seperti biasanya, Amati Lelungan tidak bepergian ke luar rumah, dan Amati Lelangunan tidak menjalani hiburan dan pesta.

Nyepi berlangsung mulai pukul 06.00 Wita hari ini hingga Kamis (10/3/2016) pukul 06.00 Wita. Untuk memastikan kondisi lingkungan aman dan kondusif, para pecalang melakukan penjagaan secara bergilir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com