Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Pinhole" Raksasa untuk Lihat Gerhana Matahari Total di Maba

Kompas.com - 08/03/2016, 20:21 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

MABA, KOMPAS.com — Komunitas Langitselatan siap mengajak publik Maba untuk merayakan fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi pada Rabu (9/3/2016).

Koordinator Langitselatan, Avivah Yamani, mengatakan bahwa pihaknya telah membawa sejumlah peralatan yang mendukung publik untuk mengamati gerhana.

"Kami sediakan dua teleskop, pinhole, dan ratusan kacamata gerhana. Publik kami persilakan untuk ikut mengamati," ujar Avivah kepada Kompas.com, Selasa (8/3/2016).

Langitselatan akan memusatkan pengamatan di SMK Maba. Siswa sekolah diundang dalam acara pengamatan. Adapun gerhana matahari total akan berlangsung pada pukul 09.50 WIT di Maba.

Selasa ini, Kompas.com menjajal pinhole yang dibuat Langitselatan. Perangkat ini menggunakan prinsip proyeksi dalam pengamatan gerhana. Yang diamati bukan matahari langsung, melainkan bayangannya.

Berbeda dengan pinhole pada umumnya yang dibuat dengan kotak kecil, pinhole Langitselatan panjang. "Semakin panjang, semakin besar bayangan mataharinya," kata Aldino, anggota rombongan Langitselatan.

Ada juga solar observer yang cara kerjanya mirip pinhole. Kompas.com menjajal perangkat ini dan berhasil mengamati 2 bintik matahari.

Gerhana matahari total di Indonesia kali ini istimewa. Wilayah Nusantara menjadi satu-satunya daratan di dunia yang memungkinkan pengamatan gerhana. Maba menjadi kota dengan totalitas gerhana matahari terlama di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com